Oleh Ulul Maskuriah

Banjarmasin,  (Antaranews.Kalsel) - Ketua Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia Kalimantan Selatan Djumadri Masrun mengatakan penambahan fasilitas dermaga bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin Kalimantan Selatan akan mempercepat waktu bongkar muat barang.

Bongkar muat yang sebelumnya setiap kapal harus antre hingga tujuh hari, kini bisa lebih singkat lagi, kata Djumadri di Banjarmasin, Minggu.

APBMI sangat mengapresiasi atas konsistensi Pelindo dalam mengembangkan Pelabuhan Trisakti Banjarmasin hingga maju cukup pesat dan modern.

"Saya cukup lama berkecimpung di Pelabuhan ini, dan tidak menyangka Pelabuhan Trisakti bisa berkembang pesat dan modern seperti sekarang ini," kata Djumadri menanggapi tentang diresmikannya dermaga pelabuhan beberapa waktu lalu.

Tambahan fasilitas dermaga tersebut, tambah dia, membuat waktu tunggu kapal dapat semakin ditekan, sebelumnya, waktu tunggu kapal sempat mencapai tujuh hari, maka nantinya dapat ditekan, sehingga akan menekan biaya perusahaan pelayaran.

"Dengan semangat kami pasti bisa, Pelindo Banjarmasin telah berhasil menghadirkan berbagai perubahan dalam pengelolaan pelabuhan," katanya.

Pelabuhan Banjarmasin terus tumbuh berkembang dari tahun ke tahun. Pertumbuhan arus barang khususnya petikemas, rata-rata dalam empat tahun mencapai 15 persen, sehingga membuat manajemen terus mengimbanginya dengan peningkatan fasilitas guna dan modernisasi dalam berbagai bidang guna menopang pelayanan yang ada.

Sebelumnya, Pelindo III telah meresmikan pengoperasionalan dermaga petikemas sepanjang 265 m dan mobil penyapu jalan (Road Sweeper) dan Mobil Pemadam Kebakaran yang dilaksanakan di dermaga baru petikemas Trisakti, Rabu.

General Manager PT Pelindo III Cabang Banjarmasin, Hengki Jajang Herasmana menjelaskan pembangunan dermaga petikemas sepanjang 265 M x 34,5 meter pembangunannya dilaksanakan oleh kontraktor PT Wijaya Karya, yang pemancangan perdananya dilakukan pada 13 April 2012, kini siap dioperasionalkan.

"Dermaga ini telah diresmikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada acara peresmian proyek MP3EI di Banjarbaru pada tanggal 23 Oktober 2013," kata Jajang.

Dengan selesainya dermaga ini, tambah dia, akan mampumenambah kapasitas pelayanan yang ada, jika sebelumnya dengan dermaga petikemas sepanjang 240 meter yang ada Pelindo dapat menerima 2 tambatan, maka sekarang dapat bertambah sebanyak 3 tambatan.

"Hal tersebut berpotensi untuk mendorong peningkatan jumlah kunjungan kapal sebanyak 29 call dari semula menerima 159 call setiap bulannya," katanya.

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014