Oleh Gunawan Wibisono

Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Unit Patroli Kota Polresta Banjarmasin menangkap dan mengamankan belasan anak jalanan yang dianggap keberadaannya meresahkan masyarakat saat sedang santai di taman kota wilayah itu.

Kepala Satuan Sabhara Polresta Banjarmasin, Kompol Haryono MT di Banjarmasin, Kamis mengatakan, banyak laporan dan keluhan masyarakat terkait keberadaan para anak jalanan itu.

Sehingga polisi dari Unit Patroli Kota melakukan razia terhadap para anak jalanan tersebut, dan saat mereka sedang asyik nongkrong langsung dilakukan penangkapan.

Sebagian sempat melarikan diri dan berhasil kabur dari kepungan petugas yang saat itu ingin mengamankan mereka semua, yang mana diantaranya ada juga menghisab lem jenis lem fox.

Razia itu dilakukan, sekitar pukul 00.30 wita, Kamis (17/4) dini hari, setelah itu semua anak yang berhasil diamankan dilakukan pendataan dan selanjutnya diserahkan ke Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Banjarmasin.

"Kita melakukan razia gabungan dengan pihak Satpol PP Banjarmasin, dan berhasil mengamankan 13 anak jalanan, semua langsung kita serahkan ke pihak Pemerintah Kota, guna proses selanjutnya," terangnya kepada Antara.

Razia terhadap anak jalanan ini, akan dilakukan secara rutin dan bisa dilakukan secara interen polisi saja, atau bersama-sama dengan pihak Satpol PP Kota Banjarmasin.

Bukan itu saja, untuk proses selanjunya, semua diserahkan kepada pihak Satpol PP karena sesuai kebijakan pemerintah kota yang berhak untuk melakukan pembinaan terhadap para anak jalanan itu.

Haryono juga mengatakan, keberadaan anak jalanan itu harus terus dilakukan penertiban, karena ditakutkan mereka bisa berprilaku yang negatif atau melawan hukum karena terpengaruh pergaulan.

"Sudah banyak anak jalanan, yang melakukan tindak pidana, seperti jambret, pencurian kendaraan bermotor, serta pemalakan dan sebagian juga sudah ditangkap dan menjalani proses hukum, untuk antisipasinya kita harus terus secara rutin melakukan razia atau penertiban terhadap anak jalanan itu," ucap pria murah senyum itu.

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014