Oleh Hasan Zainuddin

Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar lomba ketangkasan, keterampilan dan ketangguhan Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) se-kabupaten tahun 2014.


Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan personil anggota Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) dalam penanganan musibah kebakaran,

Keterangan Humas Pemkab Banjar, Selasa, menyebutkan Bupati Banjar Sultan H Khairul Saleh membuka lomba tersebut dan mengatakan BPK merupakan salah satu bagian dari pemerintah yang melayani masyarakat, yang selalu siap dalam pelayanan penyelamatan jiwa, harta benda serta usaha-usaha pencegahan bencana lainnya.

Untuk menunjang semua itu, BPK harus memiliki sarana, prasarana dan personil yang baik dan handal karena itu diharapkan peserta yang mengikuti lomba, untuk selalu menjunjung sportifitas dalam bertanding, dan dari lomba tersebut hendaknya dapat menguji kembali kesiapsiagaan, ketangkasan dan keterampilan, serta ketangguhan anggota BPK.

Bupati juga menghendaki, para anggota BPK dapat mengerahkan segala pengetahuannya tentang penanganan kebakaran, serta penyelamatan jiwa. Selain itu para anggota BPK juga dipersilahkan untuk berkreasi dalam beraksi memperagakan ketika menyelamatkan harta benda dan jiwa seseorang dari amukan api yang sering terjadi di daerah Kabupaten Banjar.

Untuk itu, Bupati mengharapkan, semoga dari ajang lomba Ketangkasan, Keterampilan dan Ketangguhan BPK se-Kabupaten Banjar tahun 2014, peran petugas pemadam kebakaran yang selalu siap siaga sepanjang hari, serta sigap merespon waktu tanggap darurat kebakaran, dengan semboyan "Pantang Pulang sebelum Api Padam Walaupun Nyawa Taruhannya" adalah orang-orang yang benar-benar teruji dalam perjuangan dan pengorbanannya sebagai barisan terdepan.

Kepala BPBD Kabupaten Banjar, Noor Sunarto melaporkan, lomba Ketangkasan, Keterampilan dan Ketangguhan BPK bagian hari jadi BPBD ke-3 Tahun 2014.

Ia juga menyampaikan, untuk peserta lomba BPK diikuti 32 BPK yang berasal dari BPK Kabupaten Banjar, Banjarbaru, dan BPK Banjarmasin dengan memperlombakan dua kategori yakni kategori 1 Cilender Alcon dan kategori 2 Cilender.

  Sementara itu keluar sebagai juara I Ketangkasan, Keterampilan dan Ketangguhan BPK se-Kabupaten Banjar tahun 2014 kategori 1 Cilender Alcon adalah BPK Star 10 dari Banjarmasin dan kategori 2 Cilender adalah BPK Barakat Martapura.    

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014