Oleh Ulul Maskuriah

Banjarmasin,  (Antaranews.Kalsel) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda)Kalimantan Selatan Brigjen Pol Drs Machfud Arifin mengatakan pelaksanaan ujian nasional hari pertama di wilayahnya berjalan aman dan lancar.

"Tidak ada persoalan berarti terkait pengamanan dan pendistribusian soal ujian nasional yang diamankan di beberapa Polsek di daerah ini,"kata Kapolda di Banjarmasin, Senin.

Menurut Machfud pada kunjungan pelaksanaan ujian nasional di beberapa sekolah di Banjarmasin, Senin, seluruh naskah soal terjaga cukup aman di Polsek-Polsek yang telah ditunjuk, sehingga tidak ada kebocoran soal ujian nasional.

"Alhamdulilah pelaksanaan ujian nasional cukup lancar, tidak ada informasi dari daerah tentang adanya kebocoran soal, maupun persoalan lainnya, semoga hingga akhir ujian berjalan cukup aman dan kondusif," katanya.

Menurut dia, anggotanya cukup konsisten menjaga naskah soal, hingga pelaksanaan yang diletakkan di Polsek-Polsek, agar tidak dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab, sehingga terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sejak pagi Kapolda telah melakukan pemantauan pelaksanaan ujian nasional di beberapa sekolah antara lain SAM 2 Banjarmasin, SMK dan beberapa sekolah di komplek Mulawarman.

Kapolda terus melakukan komunikasi dengan beberapa siswa, terkait pelaksanaan ujian nasional 2014, dan hasilnya berjalan dengan baik sesuai dengan harapan seluruh panitia dan peserta.

"Masalah keamanan merupakan tanggung jawab kami dari jajaran kepolisian dari semua tingkatan. Ini juga sebagai tindaklanjut kerja sama Kapolri dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud)," lanjutnya.

Selain itu, kedatangan orang nomor satu di jajaran Polda Kalsel ke sekolah-sekolah untuk memotivasi lulusan SLTA, kalau-kalau ada di antara mereka yang berminat menjadi polisi sebagai wadah pengabdian kepada negara dan bangsa yang lebih luas lagi,

Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel, Amka mengatakan, dari informasi yang dia terima sampai saat ini, pelaksanaan UN 2013/2014 di kabupaten/kota se-provinsi tersebut berjalan aman dan lancar.

"Hingga kini tidak ada informasi tentang kekurangan soal, seluruhnya berjalan dengan baik," katanya.

Data Dinas Pendidikan (Disdik) Kalsel menunjukkan, peserta UN 2013/2014 untuk SLTA sebanyak 48.532 orang terdiri siswa SMA dan Madrasah Aliyah 24.707, SMK 12.532 dan paket C (setara SMA) 11.293 orang.

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014