Khatib Jumat pada salah satu masjid di Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel) mengajak kaum Muslim atau jemaah untuk bersama-sama menghantarkan Ramadhan 1441 Hijriah dengan baik-baik.

"Sebagaimana kita menyambutnya dengan penuh suka cita, maka kita hantarkan pula dengan baik-baik," ajaknya dalam khotbah singkat sebelum shalat Jumat, 22 Mei 2020.

"Jangan ketika menyambut Ramadhan 1441 H yang penuh dengan kekurangan, tetapi kita hantarkan bulan yang penuh rahmah, berkah dan keampunan dengan kesempurnaan," lanjutnya.

Ia berharap dan kembali mengajak jemaah masjid di "kota dodol" Kandangan (135 kilometer utara Banjarmasin) itu berdoa semoga Allah SWT mempertemukan kembali Ramadhan tersebut.

"Semoga di penghujung Ramadhan ini kita mendapatkan Rahmah, Berkah serta Keampunan dari Allah SWT," demikian sang khatib tersebut antara lain dalam khotbahnya.

Pelaksanaan shalat Jumat di masjid tersebut sejak khotbah hingga selesai atau salam sekitar 15 menit, dan dalam doa terakhir agar kehidupan kaum Muslim terhindar dari segala macam bala, termasuk Corona.

Jemaah shalat Jumat di masjid tersebut bukan saja penduduk setempat atau sekitar, tetapi ada juga dari luar yang sengaja datang mencari kegiatan Jumatan (masjid yang melaksanakan shalat Jumat).

Usai shalat Jumat, jemaah juga menyelenggarakan Fardu kifayah yaitu menyalatkan jenazah atau mayat seorang laki-laki yang meninggal dunia karena sakit biasa.

Menurut penduduk setempat, masjid tersebut tidak pernah absen melaksanakan Jumatan sejak mewabahnya COVID-19 di negeri ini, dan alhamdulillaah belum ada jemaah yang terkena virus Corona.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020