Bupati Hulu Sungai Selatan(HSS) H Achmad Fikry menyerahkan kartu pra kerja, ATM dan buku tabungan secara simbolis untuk 119 warga HSS yang sudah mendaftarkan sebagai peserta pelatihan pra kerja dan lulus seleksi, bertempat di depan Kantor Cabang Pembantu BNI Kandangan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil dan Perindustrian (Disnakerkop UKP) HSS Hendro Martono, di Kandangan, Rabu (20/5), mengatakan dari 615 orang yang dari pihaknya dampingi dari mendaftar sampai saat ini, ada 119 yang berhasil lulus verifikasi.

"Mereka yang lulus verifikasi berhak untuk mendapatkan kartu pra kerja, berupa biaya pelatihan sebesar satu juta tetapi tidak bisa diuangkan tapi hanya biaya pelatihan yang sesuai dipilih oleh para pencari kerja tersebut," katanya.

Dijelaskan dia, selain bantuan biaya pelatihan, peserta program pra kerja juga mendapat bantuan insentif sebesar Rp600 ribu sebanyak empat kali atau total Rp2,4 Juta dalam empat bulan, dan biaya survey Rp150 ribu.
 

Penyerahan kartu pra kerja, ATM dan buku rekening (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Hari buruh internasional, diisi semangat kebersamaan melawan COVID-19

Dan jumlah 119 orang ini belum termasuk warga yang menerima bantuan melalui aplikasi, namun untuk mereka yang menggunakan layanan perbankan BNI, selain buku rekening yang disiapkan juga langsung dibuatkan kartu ATM, untuk memudahkan penerima kartu prakerja menarik uang tersebut. 

Menurut dia, berdasarkan informasi dari pemerintah pusat sampai gelombang ketiga, yang tidak berhasil itu otomatis akan di verifikasi kembali untuk gelombang berikutnya.

"Jadi kita tunggu saja mudah-mudahan di tengah wabah COVID-19 seperti ini dan masyarakat ekonomi mulai menurun, dengan adanya program ini masyarakat bisa bangkit kembali untuk perekonomian mereka," katanya.

Penyerahan kartu pra kerja, ATM dan buku rekening oleh Bupati HSS didampingi Pimpinan BNI KC Barabai Ali Sulaiman, Pimpinan Bank BNI KCP Kandangan Doni, dan Kadisnakerkop UKP HSS.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan dalam rangka upaya mengatasi dampak dari COVID-19, salah satunya adalah program pra kerja, pihaknya bersyukur Disnakerkop UKP HSS telah memfasilitasi mereka yang selama ini kesulitan untuk mendapatkan bisa akses ke pemerintah pusat.

Dijelaskan dia, HSS telah mendapatkan 119 orang dan mereka telah mendapatkan dukungan dana melalui BNI penyalurannya, dan semua harus diikuti pelatihan-pelatihannya karena akan terus dimonitor oleh pemerintah pusat.
 

Penyerahan masker dari Disnakerkop UKP HSS (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Peduli cegah COVID-19, Kadisnakerkop UKP HSS bagikan masker untuk pekerja

"Ini langkah maju lagi, bahwa program pemerintah itu sesuai dengan potensi yang ada, bagi mereka yang masih produktif dengan program pra kerja, sekarang peluang itu ada, jadi tinggal sampai sejauhmana masyarakat bisa memanfaatkannya," katanya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Disnakerkop UKP HSS yang memfasilitasi masyarakat yang kesulitan memasukaan berbagai akses ke pusat, BLT, BST, Pra kerja.

Harapannya agar pandemi COVID-19 ini bisa segera berakhir, mereka yang menjadi peserta program prakerja punya keterampilan masing-masing, bisa menciptakan lapangan kerja atau minimal mereka punya keterampilan untuk siap bekerja.

Di akhir kegiatan, Bupati HSS sebagai ketua umum Gugus Tugas COVID-19 HSS. menerima 500 buah masker hasil bimtek pembuatan masker binaan Disnakerkop UKP yang langsung diserahkan Kadisnakerkop UKP HSS Hendro Martono.

Bupati HSS H Achmad Fikry berikan keterangan pers (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020