Oleh Yose Rizal

Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Seluruh logistik pemilihan umum legislatif Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, sudah didistribusikan dan diterima seluruh kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) yang tersebar di seluruh pelosok di daerah itu.


"Hari ini seluruh logistik pemilu sudah kami distribusikan ke KPPS dan diamankan sebelum digunakan pada hari pemungutan suara, Rabu (9/4)," ujar Ketua KPU Kota Banjarbaru Husein Abdurahman, Selasa.

Ia mengatakan, pendistribusian logistik pemilu dilakukan bertahap sejak Senin (7/4) pada dua daerah pemilihan yakni dapil 3 Kecamatan Landasan Ulin dan dapil 4 Kecamatan Liang Anggang.

Kemudian, distribusi logistik pada Selasa dibagikan ke dapil 1 Kecamatan Banjarbaru Selatan dan Banjarbaru Utara serta dapil 2 yakni Kecamatan Cempaka, sehingga seluruh dapil sudah menerima logistik pemilu.

"Distribusi logistik setiap dapil diserahkan langsung ke KPPS sehingga mereka tinggal mengamankan dan baru dibolehkan membukanya pada saat pemungutan suara yang dimulai Rabu pukul 07.00 Wita," ujarnya.

Disebutkan, logistik pemilu yang diserahkan kepada KPPS meliputi empat bilik suara dan empat kotak suara yang di dalamnya berisi peralatan pemungutan suara termasuk formulir untuk perhitungan suara.

Ditekankan, seluruh peralatan pemungutan suara diberi segel khusus bertanda KPU dan tidak boleh dibuka sebelum pemungutan suara yang dihadirikan saksi maupun pemilih saat berada di tempat pemungutan suara.

"Pengamanan logistik diserahkan ke KPPS yang bertanggung jawab atas dokumen rahasia negara itu. Seluruh dokumen baru boleh dibuka menjelang pemungutan suara dihadiri saksi dan pemilih di TPS," ujarnya.

Dikatakan, apabila saat dibuka terdapat kerusakan surat suara atau peralatan lainnya, termasuk kurang lengkap maka segera ditambah oleh petugas yang disiapkan KPU dan selalu siaga untuk memberikan pelayanan.

  "Kekurangan peralatan atau surat suara yang rusak akan diganti secara cepat oleh petugas yang disiapkan dan mereka di bawah koordinasi komisioner KPU yang diberi tanggung jawab sesuai dapil," katanya.   

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014