Palang Merah Indonesia Kabupaten Hulu Sungai Utara turur terpanggil untuk berperan serta membantu dalam pencegahan dan penanganan COVID 19 dengan memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APB) kepada semua Puskesmas.

"Kita gunakan dana hibah dari pemerintah daerah untuk pengadaan 60 unit APD tipe hazmat untuk disalurkan ke semua puskesmas, Dinas Kesehatan dan Rumah sakit Pambalah Batung," ujar Ketua PMI Kabupaten HSU Hermani Johan di Amuntai, Senin.

Hermani mengatakan, penyaluran bantuan ADP tipe hazmat dimulai Senin (18/5) ke Puskesmas Sungai Malang, Sungai Karias, Dinas Kesehatan dan Rumah sakit Pambalah Batung Amuntai.

Ketua PMI HSU didampingi Akhmad salah seorang pengurus PMI HSU menyerahkan langsung masing-masing sebanyak tiga unit hazmat ke puskesmas dan lima unit hazmat masing-masing untuk Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Pambalah Batung Amuntai.
 
Plt Direktuelr Rumah Sakit Pambalah Batung Amuntai dr Moch Yandi Friyadi menerimakan bantuan APD tipe hazmat dari Ketua PMI HSU Hermani Johan. (Antaranews Kalsel/Diskominfo HSU/Eddy A)

Hermani berharap, bantuan APD tipe hazmat ini bisa bermanfaat bagi petugas kesehatan dalam penanganan COVID 19 mengingat kebutuhan akan APD masih cukup besar.

"Sebenarnya PMI tidak hanya membantu dalam pengadaan APD namun juga dilibatkan oleh pihak gugus tugas P2 COVID 19 dalam penyemprotan disinfektan di fasilitas publik," terangnya.

Selama Pandemi.COVID 19, pengurus PMI Kabupaten HSU juga tetap melaksanakan kegiatan donor darah bekerja sama dengan Rumah Sakit Pambalah Batung Amuntai.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020