Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Dr Nico Afinta mengatakan jika sinergitas TNI-Polri jadi modal utama dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) wilayah perairan Kalsel.

"Polri melalui Polairud tidak bisa bekerja sendiri. Ada Angkatan Laut dan insan maritim lainnya yang harus selalu bekerja sama secara sinergis dalam menjaga keamanan perairan," kata Nico di Banjarmasin, Kamis.

Hal tersebut disampaikan Nico saat berkunjung ke Mako Lanal Banjarmasin dalam balutan silaturahmi mempererat kebersamaan TNI-Polri di Bumi Lambung Mangkurat.

Di hadapan Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Sandharianto, jenderal polisi bintang dua itu menyampaikan komitmennya untuk senantiasa menggandeng Angkatan Laut dalam setiap pelaksanaan tugas pengamanan perairan.

Menurut Nico, saat ini pemerintah menaruh perhatian besar di bidang pengamanan kekayaan laut dan keamanan pelayaran. Sehingga pihaknya berupaya semaksimal mungkin mencegah potensi tindak kejahatan di sektor maritim.

"Saya minta anggota dapat menekan aksi perompakan, pencurian atau gangguan lainnya agar kamtibmas perairan dapat terjaga dan pada akhirnya perekonomian di laut berjalan lancar," tuturnya didampingi Direktur Kepolisian Perairan dan Udara Polda Kalsel Pol Kombes Pol I Made Sukawijaya.

Hal itu pula guna mendukung setiap kebijakan pemerintah di bidang ekonomi sebagaimana program sang Kapolda baru, sehingga Indonesia sebagai poros maritim dunia dapat semakin kokoh terwujud.
 
Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Dr Nico Afinta saat kunjungan ke Mako Lanal Banjarmasin. (ANTARA/Firman)


Di sisi lain, Nico mengaku sangat senang bersilahturrahmi ke Lanal Banjarmasin karena dia merupakan putra dari seorang anggota TNI Angkatan Laut angkatan 1968.

Sementara Kolonel Sandharianto mengucapkan selamat datang dan merasa bangga bisa bersama-sama Irjen Nico bertugas di Provinsi Kalimantan Selatan.

"Soliditas Lanal Banjarmasin dan Polda Kalsel selama ini sangat baik, tentu kami optimis dengan kepemimpinan Abang Nico sinergitas TNI-Polri dapat terjaga harmonis," ucapnya.
 

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020