Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan, H Sukamta didampingi Ketua TP PKK Tanah Laut Hj Nurul Hikmah Sukamta mengungkapkan,  pihaknya akan memberikan bantuan sosial berupa bedah rumah terhadap salah seorang warga di Desa Ujung, Kecamatan Bati-Bati.

Kehadiran Bupati bersama tim relawan, Senin (4/5),  dalam rangka memberikan bantuan sebagai tindak lanjut dari hasil temuan Tim PKK Tanah Laut beberapa hari sebelumnya membagi sembako di Desa Ujung. 

Dalam kesempatan itu, Sukamta berasama tim relawan sempat berkunjung langsung ke rumah nenek Syamsiah berusia 95 tahun atau yang lebih dikenal dengan sebutan nenek Karamunting atau nenek Jakarta yang sudah 50 tahun tinggal digubuknya tersebut.

Di usianya senja, nenek Karamunting tinggal seorang diri di gubuk dengan keadaan bangunan yang sudah mulai lapuk dan setiap hari tidur beralaskan kasur tipis dan selimut. 

Bau tidak sedap dari gubuknya berukuran 3 x 2 meter itu tercium karena bersebelahan dengan kandang ayam milik tetangganya.

Saat berada di depan rumah nenek itu, H Sukamta mengatakan,  pihaknya akan membangunkan rumah tersebut dengan gotong royong bersama pihak terkait lainnya. 

Dia menambahkan,  rumah tersebut akan dibangun di atas lahan warga setempat yang ikhlas lahannya untuk ditempati.

“Kita masih diskusikan ukurannya berapa, kemungkinan berukuran 4x6 meter dan tentunya akan dibuatkan wc,” ucapnya.

Menurutnya,   bedah rumah itu merupakan bentuk kepedulian serta dharma bakti kepada masyarakat.

 Selain itu, ungkapnya, kegiatan tersebut juga untuk mendorong dan menumbuhkan kesadaran dan kepedulian warga terhadap kesulitan warga di sekitarnya.

“Pembangunan permanen ini dilakukan agar nini ini nanti dapat tinggal di rumah yang memang layak huni,” ujarnya.

Turut andil dalam kegiatan tersebut, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Tanah Laut  H Syahrian Nurdin, Camat Bati-Bati Aan Norhuda, TP PKK Tanah Laut serta para relawan PMI Tanah Laut.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020