Oleh Yose Rizal

Martapura,  (Antaranews.Kalsel) - Bupati Banjar, Kalimantan Selatan, Khairul Saleh menyerukan pemilihan umum legislatif diselenggarakan secara jujur dan damai sehingga suasana kondusif terus terpelihara.

"Seluruh masyarakat harus berperan mewujudkan pemilu yang jujur dengan menyalurkan hak suaranya dan tetap menjaga kedamaian serta suasana kondusif yang sudah terpelihara," ujarnya di Martapura, Minggu.

Ia mengatakan hal itu di sela jalan sehat yang digelar Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banjar dalam rangka sosialisasi pemilu legislatif yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia 9 April 2014.

Jalan sehat yang diikuti bupati dan anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Banjar dipusatkan di halaman kantor Bupati Banjar Jalan Ahmad Yani km 40 Martapura dan diikuti ribuan peserta.

Menurut bupati, seluruh pihak harus turut menyukseskan penyelenggaraan pemilu legislatif terutama setiap anggota masyarakat dengan terus menjaga suasana kondusif dan tidak mudah terpancing isu negatif.

"Jangan mudah terpancing isu-isu negatif yang belum bisa dipastikan kebenarannya karena jika terpancing dan melakukan hal buruk maka kerugian dirasakan masyarakat sendiri, jadi jangan mudah terpancing," pesannya.

Dikatakan, partisipasi masyarakat diperlukan dalam pemilu legislatif karena tujuannya memilih wakil rakyat yang akan memperjuangkan hak rakyat baik tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten dan kota.

"Makanya, saya imbau masyarakat yang memiliki hak pilih menyalurkan suaranya dengan mendatangi TPS karena satu suara menentukan wakil di lembaga legislatif sehingga harus digunakan sebaik-baiknya," ujar dia.

Ketua KPU Kabupaten Banjar Ahmad Faisal mengatakan, tujuan jalan santai yang diselenggarakan KPU adalah menyosialisasikan pelaksanaan pemilu legislatif yang tinggal satu bulan lagi.

"Harapan kami, melalui jalan santai yang diikuti ribuan masyarakat ini, mereka mengetahui teknis dan administrasi pemilu disamping menggunakan hak suaranya pada hari pemilihan," ujarnya.

Dikatakan, pihaknya mengharapkan seluruh anggota masyarakat yang memiliki hak suara menyalurkan pilihannya melalui TPS di lingkungan masing-masing disamping menjaga keamanan dan ketertiban saat hari pemilihan.

"Kami bersyukur karena mendapat dukungan pemerintah daerah dan pihak keamanan baik TNI/Polri maupun unsur lain, disamping mengimbau masyarakat turut menjaga keamanan dan ketertiban pemilu," katanya.

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014