Barabai,  (Antaranews Kalsel) - Wakil Ketua DPD KNPI Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Syamsurani mengimbau agar masyarakat mewaspadai terjadinya kebakaran yang berpotensi terjadi pada saat musim kemarau.

"Saat ini cuaca sangat tidak menentu, kadang panas menyengat, kadang hujan terus menerus, pada saat panas sangat mudah terjadi kebakaran, sehingga kita harus selalu waspada," kata Syamsurani di Barabai, Jumat.

Pernyataan tersebut disampaikan saat menyerahkan bantuan sembako untuk tiga keluarga yang terkena musibah kebakaran di Desa Lunjuk RT. 3 Kecamatan Batang Alai Selatan.

Salah satu Korban Kebakaran Hildiansyah menuturkan kebakaran mengakibatkan tiga keluarga yang menempati dua rumah kehilangan harta benda, bahkan mereka tidak sempat menyelamatkan satu lembar baju pun, karena salah satu keluarga yang kehilangan tempat tinggalnya sedang berada di Banjarmasin.

Menurut dia, api sangat cepat menghanguskan dua buah rumah, pemadam kebakaran baru sampai ketika dua rumah sudah habis terbakar, beruntung satu rumah di belakangnya masih sempat terselamatkan.

"Kondisi jalan yang sempit dan jarak yang cukup menyulitkan petugas untuk segera memadamkan api," katanya.

Saat kebakaran terjadi, para korban sedang menghadiri pertemuan atau silaturrahim dengan calon anggota legislatif (caleg) partai di salah satu rumah warga yang tak jauh dari rumah, tak lama berselang terdengar ribut-ribut warga meneriakkan kebakaran.

Dugaan sementara kebakaran terjadi karena korsleting listrik, hal ini dikuatkan keterangan warga bahwa kebakaran berasal dari tengah rumah rumah warga bukan dari dapur, kerugian warga diperkirakan puluhan juta termasuk hasil panen, kendaraan roda dua, surat berharga dan pakaian dan perlengkapan anak sekolah.

Syamsurani menyatakan turut prihatin atas musibah kebakaran yang terjadi, menurutnya kebakaran ini merupakan kebakaran yang pertama terjadi di Kabupaten HST pada 2014, diharapkan hal ini menjadi hikmah agar semua warga senantiasa waspada pada bahaya kebakaran dengan melakukan penanggulangan sedini mungkin seperti memeriksa sambungan dan tali listrik di rumah.

"Sumbangan ini mungkin jumlah tak seberapa dan merupakan hasil bantuan dari beberapa donatur tetap KNPI HST, kami berharap ini dapat meringankan beban keluarga kita yang tertimpa musibah kebakaran di sini," katanya.

Penyerahan bantuan KNPI HST turut disaksikan Sekretaris DPD KNPI HST Fathurrahman, Ketua PMII Barabai Suriadi, Ketua DPK KNPI Batang Alai Selatan Syaiful Rahman, Jajaran Pengurus KNPI Kabupaten dan Kecamatan, Pambakal Lunjuk Ahmad Budiani, tokoh masyarakat dan warga sekitar.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014