Suasana haru dan bahagia mengiringi pemulangan pasien COVID-19 dengan kode TB-01 asal Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan dinyatakan sembuh dari virus corona.

Kepulangan pasien tersebut langsung dilepas oleh Bupati Tanah Laut H Sukamta dan dijemput oleh pihak keluarga,  di lantai III Rumah Sakit Umum Daerah Hadji Boejasin Pelaihari, Sabtu (25/4) pagi.

Sembuhnya pasien tersebut berdasarkan hasil SWAB Test atau uji laboratorium dengan keakuratan tinggi terhadap TB-01, sehingga  dinyatakan negatif COVID-19.

Dalam pemulangan pasien tersebut nampak para dokter dan petugas medis ruang isolasi COVID-19 berdiri berjajar menyambut keluarnya TB-01 dari ruang isolasi dengan menggunakan kursi roda yang didorong oleh salah satu petugas medis.

Pasien yang dirawat selama tiga minggu tersebut langsung mendapatkan tepuk tangan dan ucapan selamat atas kesembuhannya dari para petugas medis dan jajaran RSUD Hadji Boejasin.

Saat pelepasan  itu, TB-01 tak mampu menahan tangis dan menyampaikan rasa terimakasihnya karena selama tiga minggu perawatannya di RSUD Hadji Boejasin Pelaihari merasa sangat dilayani dengan penuh perhatian.

“Saya tidak berdaya, tidak bisa makan dan minum, namun para dokter dan petugas medis disini membantu menyuapi saya agar tetap bisa makan dan minum dengan sangat ramah seperti merawat seorang bayi,” ungkap TB-01 dengan meneteskan air mata. 

Sementara, Bupati Tanah Laut H Sukamta merasa  ikut terharu dalam prosesi pelepasan pasien tersebut.

Dia mengungkapkan,  rasa syukurnya karena diantara empat orang pasien hingga saat ini dua orang pasien positif virus corona di RSUD Hadji Boejasin telah dinyatakan sembuh.

Sukamta sangat mengapresiasi kinerja serta usaha dari petugas medis dan jajaran RSUD Hadji Boejasin telah memberikan perawatan terbaik untuk pasien tersebut.

"Saya ucapkan terimakasih dan penghargaan yang setulus-tulusnya atas kinerja dari seluruh petugas medis dan jajaran Rumah Sakit ini yang telah berjuang keras, memberikan pelayanan yang baik demi kesembuhan pasien penderita COVID-19. Kita berharap 2 pasien positif COVID-19 yang masih ditangani disini juga akan sembuh,” harap Kamta.

Dalam kesempatan tersebut Sukamta menyerahkan dokumen kesembuhan dan bingkisan berupa kain sasirangan serta makanan khas Tanah Laut Kepada TB-01.

Turut hadir pada pelepasan pasien tersebut  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Laut Hj Nina Sandra dan Direktur RSUD Hadji Boejasin Pelaihari  Isna Farida  bersama jajarannya.
 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020