Oleh Gunawan Wibisono

Banjarmasin, (Antaranews.Kalsel) - Polisi berseragam dari Satuan Sabhara Polresta Banjarmasin merutinkan patroli dialogis di tempat-tempat ramai kunjungan warga masyarakat dan rawan kriminalitas.

Kepala Satuan Sabhara Polresta Banjarmasin, Kompol Haryono MT di Banjarmasin, Minggu mengatakan, patroli dialogis yang dilakukan polisi berseragam pada setiap hari.

Patrol itu dilakukan di antaranya di Mal Duta di Jalan Ahmad Yani, Mal Ramayana di Jalan Pangerena Antasari, serta kawasan pertokoan.

Personel yang diturunkan, hampir seluruh anggota Satuan Sabhara dan mereka ditempatkan di masing-masing tempat keramaian.

"Tujuan kita adalah agar masyarakat senang dan meresa nyaman serta aman apabila mereka melihat ada polisi berpakaian seragam sehingga pelaku kejahatan juga berpikir melakukan aksi bila melihat polisi," terangnya kepada Antara.

Selain itu, usia hadir di tempat keramaian, para polisi berseragam tersebut melakukan patroli dialogis di tempat-tempat rawan kriminalitas dan kejahatan agar pelaku kejahatan, merasa bahwa mereka selalui diawasi dan dipantau oleh polisi.

Kegiatan gelar patroli dialogis polisi berseragam itu akan dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan, karena masyarakat merasa senang dengan hadirnya polisi ditengah-tegah mereka.

"Masyarakat tidak usah takut dengan polisi, silakan lapor apabila mengalami aksi kejahatan, dan berdasarkan laporan tersebut maka polisi bisa langsung menindak lanjuti," ucap pria murah senyum itu.

Dikatakan, pada siang hari pun polisi berseragam selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, seperti di pasar-pasar besar yang ada di kota seribu sungai ini.

Bukan itu saja, para polisi tersebut juga melaksanakan patroli dialogis dengan melakukan komunikasi dengan para pekerja yang mangkal di pasar-pasar seperti tukang becak, ojek, buruh pasar dan lainnya.

"Kita lakukan patroli dialogis itu untuk mengetahui sejauh mana tingkat keamanan di suatu daerah atau kawasan, dan polisi bisa tahu karena mereka langsung melakukan komunikasi dengan masyarakat kawasan itu," tuturnya sambil tersenyum. 

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014