Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor turun langsung ke berbagai lokasi di Banjarmasin untuk membagikan paket sembako kepada masyarakat terdampak pandemi COVID-19.

Menurut Gubernur Sahbirin di Banjarmasin, Kamis, pembagian sembako yang telah dilakukan sejak beberapa hari ini diharapkan  mampu meringankan beban warga selama menghadapi musibah COVID-19.

Sasaran pembagian sembako antara lain diberikan kepada masyarakat yang bekerja di sektor informal yang terpaksa tetap ke jalan untuk mencari nafkah walaupun ada wabah corona.

Menyusuri berbagai sudut kota Banjarmasin, Paman Birin sebutan untuk Gubernur Kalsel, singgah dan turun langsung memberikan sembako.

Mulai dari pemulung, tukang becak, ojek, pedagang keliling dan pekerja informal lainnya menerima bantuan langsung Paman Birin yang menggunakan dana pribadi.

Sembari memberikan bantuan sembako, Paman Birin juga menyampaikan imbauan pencegahan penularan COVID-19 seperti pelaksanaan program "social distancing" dan gunakan masker dan anjuran hidup bersih.

"Mudahan dengan bantuan sembako ini dapat meringankan beban hidup masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat wabah corona khususnya dari sektor pekerja informal," kata gubernur.

Selain memberikan sembako, Gubernur  Sahbirin juga mengimbau kepada ASN di lingkup Pemprov Kalsel sumbangkan 2,5 persen pendapatannya dari tunjangan kinerja.

Imbauan tersebut berdasarkan Surat Edaran Nomor 800 /0904-PKAP.2/BKD/2020, Tanggal 14 April 2020 tentang himbauan bagi ASN di Lingkungan Pemprov Kalsel dalam rangka meringankan beban masyarakat terdampak COVID-19.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Abdul Haris Makkie mengatakan surat itu bersifat imbauan bagi pejabat di lingkungan Pemprov Kalsel.

ASN yang menyisihkan tunjungan kinerjanya adalah Pimpinan Tinggi Madya, Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator.

Disampaikanya, tunjangan kinerja yang didonasikan adalah tunjangan pada Bulan Maret yang akan dibayarkan pada Bulan April 2020.

Untuk staf atau pelaksana, lanjutnya, jika ingin memberikan bantuan juga bisa melalui instansi tempat bekerja.

“Ini merupakan salah satu wujud kepedulian ASN Pemprov Kalsel untuk meringankan beban saudara – saudara kita yang terdampak COVID-19 dari sisi ekonomi”, ucapnya.

Ditambahkan Abdul Haris, sebelum edaran imbauan ini, ASN Pemprov Kalsel, baik secara pribadi maupun secara institusi juga menyalurkan bantuan dengan kegiatan berbeda.

Bahkan Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor secara pribadi juga menyalurkan bantuan langsung kepada masyarakat dalam bentuk pemberian paket sembako atau jenis lainnya.

Di tempat terpisah Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Sulkan mengatakan, ASN yang menyisihkan tunjungan kinerjanya adalah Pimpinan Tinggi Madya, Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator. 

Dana tersebut akan dikelola oleh masing-masing kepala SKPD untuk dibelikan sembako dan diberikan kepada masyarakat yang terdampak Covid 19 khususnya bagi mereka yang bekerja di sektor informal.

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020