Sebanyak 20 pemuda diamankan polisi saat balapan liar yang terjadi di Jalan Brigjen H Hasan Basry Banjarmasin, Minggu dini hari.

"Ada 12 kendaraan roda dua yang kami sita dari para pelaku balapan liar ini," terang Kapolsekta Banjarmasin Utara AKP Gita Suhandi Ahmadi SIK di Banjarmasin, Minggu.

Dia mengatakan, balapan liar di depan kampus Universitas Lambung Mangkurat dan Gedung Sultan Suriansyah itu memang kerap terjadi dan berulang kali pula ditertibkan.
Polisi mengamankan pelaku balapan liar di Jalan Brigjen H Hasan Basry Banjarmasin. (ANTARAKALSEL/Firman)


Namun nampaknya belum ada efek jera dari para pelaku sehingga petugas mengambil tindakan lebih tegas berupa penahanan.

"Bagi anak di bawah umur, kami panggil orangtuanya agar membuat surat pernyataan. Kami harapkan para orangtua lebih peduli lagi terhadap perilaku anaknya. Jika sampai malam tidak pulang tolong dicari dan disuruh pulang. Apalagi sekarang pandemi virus corona yang sebaiknya tidak keluyuran di luar," ucap Gita mengingatkan.

Aksi balapan liar di kawasan yang kerap dikenal juga dengan Jalan Kayu Tangi itu memang telah meresahkan masyarakat. Polisi pun telah mengantisipasi peningkatannya di saat momen bulan suci Ramadhan nanti.

"Biasanya bulan puasa balapan liar justru meningkat. Saya sudah perintahkan anggota untuk terus berpatroli guna menekannya agar jangan sampai terjadi yang dikhawatirkan dapat menimbulkan korban jiwa dan mengancam pengguna jalan lainnya," tandas Gita.  

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020