Oleh Hasan Zainuddin

Banjarmasin, (Anataranews Kalsel)- Wali Kota Banjarmasin Haji Muhidin didampingi Ketua Tim Penggerak PKK setempat Hj Fathul Jannah melakukan penanaman bibit rambutan garuda (Nephelium Lappaceum) sebagai upaya pelelstarian jenis rambutan lokal unggul.

Penanaman bibit rambutan tersebut berlangsung di lokasi sentra perkebunan rambutan Desa Simpang Bamban Kelurahan Sungai Lulut Kecamatan Banjarmasin Timur Kota Banjarmasin, Kalsel, kata Kepala Bagian Humas Pemkot Banjarmasin Kurnadiansyah, Jumat.

Dalam penanaman tersebut Wali Kota Banjarmasin Haji Muhidin, juga didampingi Wakil Wali Kota HM Irwan Anshari dan Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Zulfadli Gazali.

Seusai penanaman bibit walikota bersama rombongan sekaligus melakukan panen raya rambutan di lokasi tersebut dengan lahan seluas tiga hektare dengan berbagai jenis rambutan diantaranya rambutan Garuda, rambutan Batuk, dan rambutan Antalagi.

Di lokasi tersebut terdapat 20 kelompok tani rambutan yang merupakan binaan dari Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin.

Panen raya rambutan juga dihadiri seluruh kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkungan pemerintah Kota Banjarmasin dan masyarakat setempat.

Wali Kota Banjarmasin berharap kepada para petani rambutan agar selalu berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan perikanan guna mendapatkan hasil yang lebih baik serta penanggulangannya di saat tanaman terkena hama.

Wali kota juga berpesan agar para petani tidak tergoda untuk menjual lahan pertanian mereka, yang selanjutkan akan digunakan sebagai areal perumahan karena akan merusak ekosistem alam.

Berdasarkan catatan, rambutan Garuda (Nephelium Lappaceum) mempunyai keunggulan dibandingkan jenis rambutan lainnya. Selain rasanya yang manis, buahnya yang besar ( 50,40 Gram/buah), daging buah yang tebal (0,65 cm), berbiji kecil ( 2,45 gram), dan sangat ngelotok.

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014