TNI Angkatan Udara mendistribusikan alat kesehatan berupa alat pelindung diri (APD) sebanyak 60 koli dari Kemenkes RI untuk wilayah Kalimantan Selatan

"Bantuan dari pusat ini juga mencakup 8 koli masker yang langsung kami serahkan kepada Tim Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian, dan Penanganan virus Corona (COVID-19) Provinsi Kalimantan Selatan," kata Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb M. Taufiq Arasj di Banjarbaru, Senin.

Selain untuk membantu Tim Gugus Tugas yang selanjutnya didistribusikan ke sejumlah rumah sakit rujukan penanganan COVID-19, ada juga 40 liter cairan hand sanitaizer dari Diskesau khusus bagi kebutuhan di Rumah Sakit Lanud Sjamsudin Noor.

Taufiq Arasj mengatakan APD yang diserahkan tersebut juga merupakan upaya TNI Angkatan Udara di ulang tahunnya yang ke-74 dalam membantu percepatan penanganan Covid-19 dengan mendistribusikan alat kesehatan, APD maupun masker ke seluruh wilayah di Kalimantan Selatan.

"Saat ini Kalimantan Selatan berstatus tanggap darurat, semua harus bersinergi dalam upaya pencegahan dan penanganan COVID-19 agar segera dapat teratasi," tuturnya.
Anggota TNI AU mengangkat APD yang diturunkan dari Pesawat C-130 Hercules A-1316. (ANTARA/Firman)


Sebelumnya APD diangkut menggunakan
Pesawat C-130 Hercules A-1316 milik TNI AU dari Skadron Udara 32 Lanud Abdurahman Saleh Malang mendarat di Lanud Sjamsudin Noor.

Seluruh APD kemudian diserahterimakan secara simbolis dari Komandan Lanud Sjamsudin Noor kepada Kepala BPBD Kalsel Wahyuddin selaku Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian, dan Penanganan Covid-19 di Kalimantan Selatan.

Juru bicara Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian, dan Penanganan Covid-19 di Kalimantan Selatan Dr H Muhammad Muslim mengatakan, hingga hari ini ada 16 kasus terkonfirmasi positif pasien virus corona. Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 10 orang dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) 1.258 orang.  

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020