Oleh Gunawan Wibisono

Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Satuan Reserse Kriminal Polresta Banjarmasin, menangkap seorang pelaku pelangsir Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar di kawasan Jalan Ahmad Yani Km 6 di kota tersebut.


Kepala Satuan Reserse Kriminal Polresta Banjarmasin, Kompol Afner Juwono Sik di Banjarmasin, Selasa mengatakan, menangkapan terhadap pelaku pelangsiran BBM jenis solar itu berkat adanya informasi dari masyarakat,

Yang mana dari informasi tersebut diketahui adanya pengisian BBM yang melebihi batas yang telah ditentukan oleh pemerintah, akibat itu lah maka pelaku langsung ditangkap.

Dikatakan, untuk pelaku pelangsiran yang tangkap diketahui bernama Muhammad Budi Santoso (27) warga jalan Sukamaju Rt 34 Landasan Ulin Banjarbaru Kalsel.

Pelaku ditangkap pada Rabu (29/1) siang, sekitar pukul 14.00 wita di jalan Ahmad Yani Km 6 Banjarmasin, tepatnya didepan Kantor Buloq saat usai melangsir di SPBU yang berada di kawasan jalan Ahmad Yani Km 5 Banjarmasin.

Bukan itu saja, pelaku ditangkap bersama barang bukti sebanyak 250 liter solar, dengan menggunakan tangki double di kendaraan jenis truck yang dikemudikannya.

Selain mengamankan barang bukti BBM jenis solar sebanyak 250 liter, polisi juga mengamankan satu unit truck Mitsubshi DA 9425 AQ, semua barang bukti tersebut diamankan di Satuan Reserse Kriminal Polresta Banjarmasin.

"Untuk pelaku kita lakukan penahanan di Rumah Tahanan Polresta Banjarmasin, dan sudah kita tetapkan sebagai tersangka atas dugaan penyalahgunaan niaga BBM ilegal atau tanpa izin," ucapnya kepada Antara.

Hasil penyidikan sementara, tersangka dijerat dengan pasal 55 sub 53 UU huruf d UU RI No 22 Tahun 2011 tentang Minyak dan Gas Bumi dengan ancaman hukum 5 tahun.

  Terus dikatakan, dari pengakuan tersangka dia melakukan bisnis ilegal itu sudah satu minggu sebanyak 3 kali melangsir, dan perliternya dijual kepengecer di kawasan Banjarbaru seharga Rp 6500, dengan keutungan Rp 1000, demikian Afner.    

Pewarta:

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014