Oleh Imam Hanafi

Kotabaru,  (Antaranews.Kalsel) - Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, mengusulkan pengangkatan 3.000 calon pegawai negeri sipil kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

"Usulan yang kami serahkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan RB), merupakan kebutuhan aparatur yang dihimpun dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD)," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kotabaru, H Slamet Riyadi, di Kotabaru, Senin.

Kemenpan, lanjut Slamet, baru akan menetapkan formasi yang diusulkan Kotabaru termasuk dari daerah lain di Indonesia sekitar Maret.

Slamet berharap, meski tidak semuanya disetujui, seyogyanya Pemerintah Pusat mempertimbangkan usulan BKD Kotabaru.

Karena PNS yang pensiun setiap tahun, kata Kepala BKD, jumlahnya relatif besar, itu artinya masih ada kekosongan yang perlu diisi.

"Insya Allah Juni--Juli 2014, Kemenpan melalui Badan Kepegawaian Negera (BKN), akan membuka pendaftaran CPNS," ujar Slamet.

Kepala BKD memastikan, pada tes CPNS nanti, akan dilakukan dengan menggunakan aplikasi computer assisted test (CAT) untuk mencegah kecurangan.

Selain bisa mencegah kecurangan, dengan program CAT, lebih mudah dan murah, karena tanpa melibatkan pengawas atau pendampingan dari pusat, dan tidak perlu melibatkan banyak petugas dalam melakukan pengawasan saat pelaksanaan tes.

Mendukung program tersebut, BKD Kotabaru akan menyiapkan 60 unit kompiuter, di mana setiap satu perangkat kompiuter bisa digunakan hingga lima kali setiap hari.

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014