Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin, Kalimantan Selatan, bertambah empat orang sehingga total kini menjadi lima orang.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Kalsel HM Muslim dalam konferensi pers Tim Gugus Percepatan Penanganan COVID-19 di Command Center Pemprov Kalsel, melalui video yang diterima di Banjarmasin, Senin.

Menurut Muslim, dari hasil laboratorium yang telah diterima tim medis pada Senin (30/3), terjadi penambahan empat kasus yang terkonfirmasi positif sehingga kini menjadi lima kasus positif yang dalam perawatan.

Kelima kasus tersebut, tambah dia, yaitu pasien Ulin satu dari Banjarmasin, kini kondisinya terus membaik dan stabil.

Kemudian, empat kasus lainnya, sebelumnya adalah berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan terkonfirmasi positif adalah, pasien Ulin 9 wanita (50) tahun dari Martapura Kabupaten Banjar.

Kemudian Ulin 10, laki-laki (40) juga dari Martapura, kini kondisinya masih batuk, namun sesak napasnya telah berkurang.

Pasien Ulin 11, laki-laki (56 tahun) dari Banjarmasin, yang kini telah memasuki masa perawatan hari ke delapan dengan kondisi masih mengalami sesak napas.

Terakhir yaitu, Ulin 13 laki-laki (21) yang juga telah memasuki hari ke delapan perawatan, rujukan dari Tabalong, kini kondisinya masih batuk dan sesak napas.

Sedangkan kondisi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yaitu, Ulin 14 wanita (36) dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan, kondisinya stabil.

Ulin 15 laki-laki (41) dari Kabupaten Banjar masih demam dan agak sesak napas,

Selanjutnya, Ulin 19 wanita dari Banjarbaru, kondisi stabil, tidak ada keluhan, Pasien Ulin 20, laki-laki (66) juga berasal dari Banjarbaru, hari ketiga dalam perawatan kondisi batuk dan lemah.

Pasien anak-anak yaitu Ulin 21, (1 tahun) kini masih demam dan batuk pilek, Ulin 22, anak laki-laki (3) dari Banjarmasin, pada perawatan hari ketiga, ada batuk dan pilek.

Serta satu tambahan ulin 23, laki-laki (47) dari Banjarmasin, ada batuk masih sesak napas, dan riwayat perjalanan dari surabaya.

Sehingga kini, total pasien yang masih dalam perawatan di RSUD Ulin masih 12 orang, yang terdiri dari tujuh orang PDP dan lima orang terkonfirmasi positif.

Sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) naik dari sebelumnya 1.143 orang kini menjadi 1.162 orang.

Saat ini, pemerintah bersama tim gugus pencegahan dan percepatan penanganan Covid 19, terus melakukan traking terhadap warga yang melakukan kontak dengan pasien terkonfirmasi positif.


 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020