Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Sukamta mengatakan, dalam kegiatan pembangunan, hal yang terpenting dan perlu dilakukan adalah melakukan evaluasi terhadap hasil pelaksanaan program atau kegiatan tahun sebelumnya maupun tahun yang sedang berjalan.

“Perangkat daerah yang berwenang dan berkompeten agar melihat secara langsung ke lapangan hasil dan manfaat dari program atau kegiatan yang dijalankan,” pesan H Sukamta acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tanah Laut Tahun 2021,  di Aula Sarantang Saruntung Pelaihari,  Kamis (26/3).

Sukamta menekankan,  pembangunan tidak hanya sekedar mengacu pada pengeluaran atau output, tetapi pada hasil atau outcome yang bermanfaat dan dirasakan oleh masyarakat.

Lebih lanjut dia mengemukakan, pada tahun 2021 program-program yang disusun agar tepat, dapat terukur manfaat serta perencanaan yang telah diperhitungkan akan diterima  masyarakat.

“APBD kabupaten benar-benar diarahkan untuk mendanai kegiatan-kegiatan yang tidak bisa didanai melalui sumber pendanaan lainnya,” ujar Sukamta

Menurutnya,  hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi Kabupaten Tanah Laut untuk lebih berpacu menjadi lebih maju dalam meningkatkan kinerja pembangunan.

Hal itu, jelas dia, dapat mendongkrak pembangunan melalui pengembangan perekonomian daerah dan membangun sektor-sektor unggul serta mengoptimalkan sumber daya lokal.

Turut hadir pada acara tersebut, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Tanah Laut,  Ketua DPRD Kabupaten Tanah Laut Muslimin, Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Laut Dahnial Kifli, Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Tanah Laut.

Selain itu,  juga hadir para pejabat daerah lingkup Pemkab Tanah Laut,  pimpinan perbankan Kabupaten Tanah Laut, camat, kepala desa, serta para peserta Musrenbang.
 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020