Oleh Hasan Zainuddin

Banjarmasin,  (Antaranews.Kalsel) - Akhmad Rijali, atlet renang asal Desa Panggung Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, kembali mengharumkan Indonesia setelah ia berhasil menyumbang satu perak dan dua perunggu dalam ajang Asean Para Games 2014 di Naypyitaw, Myanmar.

Atlet Balangan yang menyumbangkan tiga medali di arena Para Games tersebut adalah Akhmad Rijali, demikian Akhmad Rijali via SMS dari kota Naypyitaw, Myanmar, kepada Antara Banjarmasin, Minggu.

Menurut keterangannya, medali pertama yang diperolehnya adalah medali perunggu dalam kejuaraan yang diikuti beberapa negara di Asean tersebut.

Hari pertama, Rabu (15/1) dalam pertandingan renang di nomor punggung 100 meter, Ahmad Rijali mengaku hanya bisa meraih medali perunggu dengan catatan waktu 01.28.63. Sedangkan medali emas diraih perenang Vietnam atas nama Dang dengan ketepatan waktu 01.26.16.

Sementara juara dua atau peraih perak dimenangkan atlet Thailand, Wong, dengan waktu 01.28.29.

Hari kedua untuk 50 meter gaya punggung, juara I (emas) dari Vietnam atas nama Dang dengan waktu 00.38.34, kemudian perak diraih Akhmah Rijali (Indonesia) waktu 00.39.46, serta perunggu diraih Wong (Thailand) catatan waktu 00.40.22.

Kemudian pertandingan hari ketiga 100 meter gaya bebas emas diraih Ilham (Indonesia) waktu 01.13.55, perak Tien Yu (Malaysia) 01.15.46, dan perunggu Akhmad Rijali waktu 01.16.74.

Menurut putra pasangan Supaini dan Jubaidah ini sebelum berangkat ke Myanmar mewakili Indonesia, ia bersama atlet cacat Indonesia lainnya dilatih secara intensif di Solo selama enam bulan.

Mereka memperoleh latihan oleh pelatihnya yakni bapak Dimin dan Bapak Handoko, katanya.

Sebelumnya dalam kejuaraan serupa di Solo Jawa Tengah (Indonesia) tahun 2011 lalu, Akhmad Rijali hanya bisa menyumbangkan perunggu.

Dalam kejuraan yang kala itu dibuka Wakil Presiden Boediono, Ahmad Rijali meraih perunggu dicabang renang 50 meter gaya punggung kelas s8 waktu tempuh 41.11 detik.

Sementara peraih emas kala itu atlet Vietnam dengan waktu 39.10 dan peraih perak direbut atlet Thailand, Wongnongth Aphum Paibun waktu 40.91 detik.

Para Games ini diikuti atlet dari negara-negara ASEAN, yakni Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam.

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014