Guna menindak lanjuti Kepres No 7 Tahun 2020 tentang pencegahan penyebaran virus corona (covid 19), Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) menggelar rapat pembentukan gugus tugas sekaligus penetapan status siaga darurat pencegahan virus corona di Kabupaten HST yang berlangsung di Auditorium Kantor Bupati setempat.

Wakil Bupati HST, Berry Nahdian Forqan, merasa bersyukur hingga saat ini belum ada warga HST yang terjangkit  virus corona (covid 19). "Alhamdulillah belum ada warga HST yang terjangkit, katanya, Kamis.

Namun demikian menurutnya, kita harus  melakukan upaya pencegahan dan penanganan serius serta masyarakat diharapkan tidak perlu panik.

Berry mengatakan, dengan dibentuknya gugus tugas ini akan lebih mudah melakukan koordinasi di lapangan dan langkah-langkah pencegahan, pengendalian dan penanganan virus corona.

Ia mengharapkan, gugus tugas segera bekerja dalam kesempatan pertama minimal membuat perencanaan aksi operasional percepatan pencegahan dan penanganan covid-19 dan segera menyampaikan kepimpinan daerah.

Kabupaten Hulu Sungai Tengah juga menetapkan status siaga bencana non alam, ini akan mendasari kepada tindakan, langkah - langkah yang mesti kita ambil untuk pencegahan, pengendalian dan penanganan virus corona di Bumi Murakata.

Terkait penyikapan virus corona di HST, proses belajar mengajar di sekolah tetap berjalan seperti biasa. Namun dengan memberlakukan SOP pencegahan penyebaran virus corona seperti menyediakan sarana cuci tangan, sabun dan juga mendapatkan materi dari Dinas Kesehatan.

Selanjutnya yaitu melakukan list prioritas urgent diberbagai kegiatan SKPD yang memerlukan perkumpulan orang banyak.

Melakukan monitoring kebutuhan pokok di pasar, panduan pencegahan untuk disosialisasi baik melalui media sosial maupun media lainnya.

"Rumah Sakit membentuk satgas tersendiri di rumah sakit dan membuat SOP penanganan covid-19 serta menyiapkan logistik, menyiapkan ruangan kalau ada suspect covid-19 termasuk ambulance dan melakukan koordinasi dengan MUI dan ormas keagamaan lainnya untuk membantu melakukan sosialisasi kepada kelompok-kelompok keagamaan yang berada di Kabupaten HST," tutup Berry.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020