Puluhan warga Bumi Sanggam, julukan Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, menerima bantuan bedah rumah, melalui Dinas Sosial setempat.

Disampaikan langsung oleh Bupati Balangan, H Ansharuddin, bahwa bantuan bukan hanya meliputi bedah rumah, akan tetapi juga bantuan kelompok usaha bersama di desa, dan para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memasuki masa purnatugas.

"Ada sekitar 40 unit rumah warga yang mendapatkan bantuan bedah rumah, kemudian bantuan usaha bersama di desa serta bagi para ASN yang memasuki purnatugas," tuturnya.

Dikatakan, sumber dana tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kabupaten setempat.

Sementara itu, anggaran yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) belum turun.

"Tentunya bantuan tersebut menyebar pada delapan kecamatan di Kabupaten Balangan. Mereka yang mendapatkan bantuan bedah rumah merupakan warga yang tidak mampu. Selain itu sudah diverifikasi oleh petugas lapangan yang membidangi," ucap Ansharuddin.

Program bedah rumah sendiri, merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh Pemkab Balangan, dengan tujuan untuk membantu masyarakat tidak mampu memiliki tempat tinggal yang layak huni.

Pemkab Balangan juga memberikan bantuan untuk kelompok usaha bersama di kecamatan berupa uang senilai Rp20.000.000, agar dapat dimanfaatkan sebagai modal usaha bagi kelompok yang mendapatkan bantuan.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020