Oleh Rusmanadi

Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Dari hasil evaluasi capaian kinerja pemerintah daerah terhadap rencana pembangunan jangka menengah di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, angka kemiskinan turun sekitar 6,10 persen dari target 5,5 sampai 5,8 persen.

"Rata-rata dalam satu tahun penurunan angka kemiskinan sekitar 6,53 persen dan saat ini jumlah penduduk miskin di Tabalong 40.374 orang," jelas Kepala Bappeda Tabalong, Erwan, Sabtu di Tanjung, ibukota Tabalong.

Dalam rangka menekan jumlah kemiskinan di Bumi Saraba Kawa ini, Pemerintah daerh telah membentuk tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kabupaten Tabalong yang dituangkan dalam Keputusan Bupati Tabalong Nomor : 188.45/252/2011 dengan tugas melakukan koordinasi lintas pelaku pembangunan agar pelaksanaan dan pengendalian program penanggulangan kemiskinan berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.

Jumlah penduduk miskin di Tabalong, menurut susenas sebenarnya mengalami penurunan dari 13,03 persen pada 2006 menjadi 6,53 persen pada 2011.

Sementara itu, sebanyak 11.037 rumah tangga menjadi sasaran program perlindungan sosial dengan rincaian 4.163 rumah tangga miskin, 2.981 rumah tangga sangat miskin dan 2.281 yang termasuk kategori rentan miskin.

Program penanggulangan kemiskinan sendiri menurut Sekretaris Bappeda Tabalong, Arianto, terbagi dalam tiga kelompok yakni berupa pemberian bantuan dan perlindungan sosial, pemberdayaan masyarakat dan pemberian kredit usaha rakyat.

Selain melalui Bappeda, program penanggulangan kemiskinan juga dilaksanakan di sejumlah satuan kerja diantaranya Kantor penyuluhan pertanian dan tanaman pangan (KPPTP), Dinas tanaman pangan, Peternakan dan perikanan (Distanakkan), Dinas Kehutanan, Disnakertrans, Badan Pemberdayaan masyarakat dan Keluarga Berencana (BPMKB), Dinas Kesehatan serta bagian ekonomi dan pembangunan (Ekobang), Setda Tabalong.

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014