Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina akhirnya memutuskan untuk meliburkan sekolah sejak 17 Maret hingga 14 hari kedelapan untuk menyikapi merebaknya virus Corona atau Covid-19 di negeri ini.

Ibnu Sina dalam pernyataannya hari ini (Senin, 16/3) di Banjarmasin, mengungkapkan, pihaknya menerima surat edaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan juga surat Kemenpan-RB terkait kewaspadaan virus Corona atau Covid-19 ini.

"Tadi saya rapat singkat dengan pak Wakil Wali Kota juga dengan Sekdakot serta jajaran kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), kami memutuskan masyarakat tetap diberikan edukasi dan jangan panik, untuk memutus mata rantai Covid-19 ini, meliburkan sekolah dari TK, SD, SMP dan SMA," ujarnya.

Dia meminta, Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin untuk mengkoordinasikan kesemua sekolah terkait keputusan ini, sehingga semua menjalankan instruksi.

"Jadi sejak besok (17/3) anak-anak siswa libur, kalau toh ada yang turun, hanya untuk menjelaskan teknis liburnya dengan membagikan tugas dan memastikan mereka belajar di rumah selama liburan itu," terangnya.

Dia berharap, siswa belajar di rumah untuk didampingi orangtuanya, tidak berkeliaran di luar atau ketempat keramaian.

"Pastikan ini bukan libur biasa, karena ini upaya untuk pencegahan terjadinya penularan virus Corona, mereka harus diawasi dan dijaga," katanya.

Ibnu Sina juga berharap, sekolah bisa juga melakukan komunikasi pendidikan dengan secara daring, sehingga penyerapan pelajaran bisa terus berlanjut, tidak terhenti begitu saja.

Menurut Ibnu Sina, keputusan untuk meliburkan sekolah ini juga terkait banyaknya aspirasi masyarakat yang menginginkan itu, karena kekhawatiran mereka terhadap merebaknya virus Corona ini.

Lagian, tambahnya, pemerintah provinsi juga sudah menetapkan status darurat siaga bagi penyebaran virus Corona ini.

Dia pun juga melarang pejabat daerah untuk bepergian ke luar daerah hingga 14 hari kedepan.

"Termasuk juga yang masuk ke kota kita dari luar, kita batasi juga," tuturnya.

Padahal sehari sebelumnya, Ibnu Sina memutuskan belum ada rencana pihaknya untuk meliburkan sekolah terkait merebaknya virus Corona di negeri ini.

Sebab, belum ada yang dinyatakan positif warga Banjarmasin yang tertular virus Convid-19 tersebut.

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020