Pemerintah Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan menyiapkan empat prioritas pembangunan yang akan  direalisasikan melalui program kerja satuan kerja perangkat daerah pada 2012.

Hal itu terungkap dalam musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Kota Banjarbaru tahun 2012 di aula Gawi Sabarataan Pemkot Banjarbaru, Selasa.

"Ada empat prioritas pembangunan yang akan direalisasikan pada 2012 melalui program yang disusun setiap SKPD (satuan kerja perangkat daerah)," ujar Wali Kota Banjarbaru Ruzaidin Noor.

Disebutkan, empat prioritas pembangunan itu adalah optimalisasi kinerja pemerintah daerah, peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui kesiapan aparatur di lingkungan pemkot setempat.

Kemudian peningkatan kualitas lingkungan dan peningkatan daya saing ekonomi didukung pembangunan infrastruktur dan pengembangan sektor riil yang diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dijelaskan, sasaran prioritas optimalisasi kinerja pemerintah daerah adalah meningkatnya pendapatan asli daerah dalam APBD, meningkatnya kualitas pelayanan publik.

Sasaran lain adalah meningkatnya indeks kepuasan masyarakat (IKM) terhadap kualitas pelayanan publik dan meningkatnya indeks pembangunan manusia (IPM).

 Sasaran prioritas peningkatan kualitas SDM adalah meningkatnya kualitas maupun kuantitas input dan output pendidikan termasuk meningkatnya kualitas infrastruktur pendidikan masyarakat dan keolahragaan.

Sasaran prioritas ketiga adalah meningkatnya jumlah rumah yang memenuhi aspek legalitas hunian berupa IMB maupun sertifikat serta rasio antara tipe rumah dan jumlah penghuni.

Meningkatnya jumlah rumah berlistrik dan mendapat air bersih dari PDAM serta meningkatnya kondisi sanitasi keadaan sampah, ruang terbuka hujan di setiap satuan permukiman.

Sedangkan sasaran prioritas keempat adalah meningkatnya jumlah dan dampak sektor jasa, dan perdagangan terkait penyerapan tenaga kerja dan tumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah.

"Seluruh sasaran prioritas itu dijabarkan melalui arah kebijakan yang disesuaikan dengan potensi dan kemampuan aparatur dalam melaksanakan program yang disiapkan," katanya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Banjarbaru Muhammad Aswan mengatakan, kegiatan Musrenbang bertujuan menyelaraskan keinginan masyarakat dengan program kerja yang disiapkan SKPD di lingkup pemerintah setempat.

"Melalui penyelarasan antara keinginan masyarakat dengan program yang disiapkan pemkot, diharapkan terealisasi kegiatan sesuai keinginan didukung ketersediaan anggaran," ujarnya.(Rzl/A)

Pewarta:

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011