Perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) ke-51 Tingkat Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan  tahun 2020, di Kecamatan Anjir Muara berakhir sukses dan lancar dan ditutup Bupati Hj Noormiliyani AS, Senin (9/3) malam.

“Saya sangat bersyukur dan bangga atas sukses dan lancarnya pelaksanaan. Saya berharap melalui kegiatan ini tidak hanya dilihat dari teknis pelaksanaan namun juga dari proses penanaman nilai-nilai keagamaan yang merupakan pedoman hidup demi tercapainya kebahagiaan di dunia dan akhirat,” ucapnya.

Noormiliyani mengatakan, perhelatan MTQ hendaknya menjadi sebuah motivasi dan spirit umat Islam di Batola untuk semakin mencintai Alquran sebagai tuntutan dan pedoman hidup.

Kecintaan terhadap kitabullah, menurut dia,  hendaknya direalisasikan dalam aksi nyata, khususnya bagi para generasi muda untuk meningkatkan seni baca tulis Al-Qur'an sekaligus memahami dan mengkaji isi kandungan kalamullah.

Pada acara penutupan yang juga dihadiri Wakil Bupati H Rahmadian Noor dan Ketua TP-PKK Hj Saraswati Dwi Putranti, Pj Sekda yang juga Ketua Umum LPTQ Batola H Abdul Manaf, para anggota Forkopimdan/mewakili, Kakankemenag Batola H Rusbandi, para pimpinan SKPD, pimpinan organisasi wanita, tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh lapisan itu,  Noormiliyani mengutarakan, pelaksanaan MTQ merupakan wahana dalam rangka memacu pengembangan tilawah, hafalan serta pendalaman isi kandungan Alquran.

Agar upaya yang dilakukan ini tidak sia-sia, sebutnya, maka kegiatan yang dilakukan tidak boleh berhenti. Untuk itu, diperlukan perhatian, keterlibatan dan tanggungjawab seluruh komponen guna memberi pengaruh positif nyata bagi kehidupan masyarakat dan bangsa.

Kepada seluruh peserta baik yang berhasil sebagai pemenang maupun yang belum, mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel itu berpesan untuk menjadikan momen kegiatan sebagai pemacu dan motivasi untuk belajar lebih giat dan meningkatkan prestasi di bidang pengetahuan dan pengamalan Al-Qur’an agar dalam kesempatan-kesempatan berikut bisa menorehkan prestasi lebih baik dan gemilang.

Sementara,  Ketua Umum LPTQ Batola H Abdul Manaf mengucapkan terima kasih dan penghargaan tak terhingga kepada Bupati dan Wakil Bupati beserta segenap jajaran maupun pihak lainnya seperti Bank Kalsel Cabang Marabahan, para sponsor, donatur dan lainnya yang telah membantu baik moril maupun materiil sehingga kegiatan bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

Ucapan serupa juga disampaikan Pj Sekdakab Batola itu kepada panitia penyelenggara, khususnya Camat Anjir Muara besera jajaran dan masyarakat maupun pihak lainnya yang telah bekerja keras sehingga pelaksanaan MTQ ke-51 tingkat Batola di Anjir Muara bisa berjalan lancar dan sukses.

Bagi para juara, mantan Kadis PUPR Batola itu mengucapkan selamat dan sukses atas prestasi yang diraih.

Dia berharap,  prestasi yang telah diukir jangan membawa rasa puas namun tetap berusaha meningkatkan agar juga bisa terukir hingga jenjang berikutnya.

Sementara bagi yang belum berkesempatan menjadi juara, Manaf menyarankan untuk tidak kecewa dan putus asa tapi terus berusaha dan berlatih agar di kesempatan lain bisa meraih prestasi sesuai yang diharapkan.

Terpisah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batola H Rusbandi mengharapkan ajang MTQ  bisa menjadi wahana positif dan konstruktif bagi seluruh peserta dalam menambah pengalaman bermushabaqah guna mempersiapkan diri untuk lebih baik di kesempatan berikutnya.

Di kesempatan penutupan itu, Rusbandi mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Bupati Batola, Wakil Bupati, dan Penjabat Sekda beserta seluruh jajaran, berbagai lapisan masyarakat, para donatur, sponsor, pengusaha yang telah membantu mendukung kelancaran sehingga pelaksanaan bisa berjalan dengan sukses.




 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020