Oleh Gunawan Wibisono

Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Polresta Banjarmasin, Kamlimantan Selatan, membangun sebanyak tujuh unit pos pengamanan sebagai upaya mengantisipasi situasi keamanan menghadapi Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2014.

Kepala Bagian Operasi Polresta Banjarmasin Kompol Andri Koko Prabowo Sik MH di Banjarmasin, Selasa, mengatakan ketujuh pos pengaman itu sengaja disiapkan untuk pengamanan perayaan Hari Natal dan malam pergantian tahun.

Tujuh pos tersebut ditempatkan di titik-titik rawan yang ada di Kota Banjarmasin dan juga ditempatkan beberapa anggota polisi jajaran Polresta Banjarmasin, katanya.

Bukan itu saja, tambahnya, tujuh pos pengamanan itu dibagi-bagi sesuai fungsinya, ada empat pos pelayanan dan ada tiga pos pengamanan tambahan.

Pos pengaman itu antara lain berada di pintu gerbang masuk Kota Banjarmasin di Jalan Ahmad Yani Km 6, dan di samping Posindo di Jalan Pangeran Samudra.

Selanjutnya, di Budaran Kayu Tani di Jalan Brigjend Hasan Basri dan di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin di Jalan Sutoyo S. Sementara itu, pos pengamanan juga diperkuat di pos polisi Pasar Kuripan, Pasar Batuah dan di Jalan Gatot Soebroto.

"Tiga pos pengamanan diperkuat itu diperuntukan untuk membantu di kawasan jalur satu arah karena kawasan tersebut termasuk kawasan rawan kemacetan karena sebagai akses satu-satunya menuju luar Kota Banjarmasin," katanya.

Tujuan pos pengamanan dibangun itu untuk menciptakan suasana yang kondusif memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang sedang melaksanakan Natal dan merayakan malam pergantian tahun nantinya.

"Polisi akan terus berusaha menciptakan, menjaga, memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat di kota seribu sungai ini agar selalu dalam kondisi yang kondusif," tutur pria lulusan Akpol angkatan 1999 itu.

Masyarakat juga diimbau untuk kerjasamanya dalam menjaga keamanan wilayah, agar bisa memberikan informasi apabila ada kejadian ataupun perbuatan-perbuatan yang dianggap melanggar aturan hukum, demikian Koko.

Pewarta:

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013