Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) H Muhammad Noor mewakili Bupati HSS H Achmad Fikry menerima penghargaan tingkat nasional, sebagai salah satu kepala daerah pelopor sertifikasi Rumah Sakit (RS) Syariah.

Ia mengatakan, penghargaan tersebut dari Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia (MUKISI) yang diberikan kepada Bupati HSS sebagai kepala daerah pelopor sertifikasi syariah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)  Brigjend H. Hasan Basry.

Baca juga: Bupati HSS resmikan tiga fasilitas baru RSUD Kandangan

"Penghargaan diserahkan Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) KH Ma’ruf Amin pada acara International Islamic Healthcare, Conference and Expo (IHEX) ke-3 Tahun 2020, Sabtu (29/02), di Jakarta Convention Center (JCC)," katanya, dalam keterangan, Minggu (1/3) lalu.

Sebelumnya, Wapres RI KH Ma’aruf Amin, mengatakan mengapresiasi pemerintah daerah yang menerapkan konsep-konsep syariah dalam pelayanan kesehatan, penerapan RS syariah merupakan sebuah terobosan dalam rangka upaya pelayanan kesehatan yang sesuai kaidah kepada masyarakat muslim di masing-masing daerah.

Baca juga: Bupati HSS buka simposium sehari Innovative Treatment In Diabetic Retinopathy

Dijelaskan dia, saat ini muncul trend baru di kalangan masyarakat Muslim, seperti kebutuhan spiritual yang paripurna, tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari namun juga ketika membutuhkan layanan medis.

"Ini merupakan tantangan dan potensi besar dalam dunia perumahsakitan dan usaha pelayanan kesehatan. Untuk itu RS Syariah menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020