Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Dahnial Kifli  mengatakan, program unggulan Pemerintah Kabupaten Tanah Laut di tahun 2019 dan 2020 berupa peningkatan populasi ternak sapi serta pengembangan tambak ikan haruan dan nila sebagai upaya menindaklanjuti kebijakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Pemkab Tanah Laut, menurut dia, juga memiliki program yang menginformasikan kondisi terkini harga pangan melalui radio daerah Radio Tuntung Pandang.

“Kami juga memiliki segmentasi pada radio pemerintah daerah untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang harga pangan terkini di wilayah Kabupaten Tanah Laut.  Sejauh ini harga pangan di Kabupaten Tanah Laut cukup stabil dengan kuantitas yang mencukupi,” ujar Dahnial pada acara High Level Meeting Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) se-Kalimantan Selatan Semester 1 tahun 2020,  di Ruang Rapat Aberani Sulaiman, Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (27/2).

Terpisah, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dalam paparannya menyampaikan upaya pengendalian inflasi merupakan faktor penting pada ekonomi daerah dengan dimonitori TPID dari Bank Indonesia.

“Melalui High Level Meeting ini,  mari kita bersama berupaya agar inflasi di Kalimantan Selatan tetap terjaga dengan baik, jangan sampai ada yang menyetok terlalu berlebih, sehingga menyebabkan harga melonjak,” ucap Sahbirin.

Dia juga menyampaikan,  komuditas utama inflasi bersumber dari bahan makanan, yakni ikan haruan, nila, cabai dan bawang.

“Menindak lanjuti komuditas utama inflasi tersebut, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan akan menyiapkan satu juta bibit cabai yang nantinya akan kita dibagikan ke masyarakat dan ASN melalui Bupati dan Wali Kota se-Kalimantan Selatan. Membagi bibit tersebut dengan tujuan akan mengurangi angka inflasi akibat kelangkaan cabai,” ungkap Paman Birin.

Terpisah, Direktur Bank Indonesia Perwakilan Kalsel Amanlison Sembiring menambahkan,  strategi perlu diterapkan dalam penanggulangan inflasi agar lebih fokus dan efektif sehingga dinamikanya dapat dikontrol dengan baik.

Kegiatan dengan tema stabilitas harga menuju indonesia maju sinergi untuk meningkatkan ketersedian pangan melalui koorporatisasi dan digitalisasi UMKM tersebut dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor.

Acara tersebut juga dihadiri bupati/walikota se-Kalimantan Selatan,  para pejabat pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.
Sekda Tanah Laut Dahnial menghadiri acara High Level Meeting Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) se-Kalimantan Selatan Semester 1 tahun 2020, di Ruang Rapat Aberani Sulaiman, Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (27/2).Foto:Antaranews Kalsel/Humas Tanah Laut.

 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020