Wakil menteri (Wamen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, Alue Dohong diagendakan akan bertandang ke Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalsel pada Kamis (27/2) di wilayah pegunungan meratus Desa Kiyu, Hinas Kiri, Kecamatan Batang Alai Timur.

Namun, saat Rakoor persiapan penyambutan Wamen, Senin (24/2), Wakil Bupati HST, Berry Nahdian Forqon menyatakan bahwa kedatangan Wamen ditunda, karena adanya kegiatan lain di tingkat pusat.

"Kunjungan Wamen LHK ditunda dan natinya dalam waktu dekat akan ada pemberitahuan jadwal kunjungan selanjutnya," kata Berry.

Menurutnya, tujuan dari kunjungan Wamen adalah dalam rangka melihat secara langsung kondisi di lapangan terkait dengan program Kementerian LHK dan melakukan sosialisasi tentang kehutanan sosial, hutan desa dan penguatan masyarakat adat yang ada di Kabupaten HST.

Berry menyampaikan, momentum ini nantinya harus dimanfaatkan seoptimal mungkin, jadi tidak hanya sekedar melihat program di HST, tapi kita bisa memberi masukan-masukan ke Kementerian untuk memperkuat program-program yang ada di HST.

Secara teknis, rapat koordinasi di pimpin oleh Kepala Dinas LH dan Perhubungan, Muhammad Yani. Dalam pertemuan singkat tersebut disepakati bersama tentang tugas, acara dari penyambutan, pelaksanaan kegiatan pada waktu Wamen datang di Barabai dan kunjungan ke dua wilayah desa di Kecamatan BAT hingga proses pemulangan Wamen LHK ke Jakarta.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020