Kepala Kepolisisan Daerah Kalimantan Selatan Irjen Pol H Yazid Fanani, Wakapolda Kalimantan Selatan Brigjen Pol Aneka Pristafuddin dan Bupati Tanah Laut H Sukamta melakukan penanaman pohon mangrove dan bersih-bersih pantai, di Desa Pagatan Besar,  Kecamatan Takisung,  Jum’at (21/2).

Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol H Yazid Fanani mengatakan,  kegiatan tersebut dalam rangka pelestarian hutan manglove yang memiliki peran ekologis secara penting bagi manusia.

"Hutan mangrove memiliki fungsi yang sangat penting, salah satunya yakni untuk menahan abrasi atau pengikisan tanah oleh air laut serta memiliki fungsi-fungsi lainnya yang memberikan manfaat bagi ekosistem bumi. Momen yang sangat baik ini mari bersama-sama kita melestarikan hutan mangrove sebagai wujud kepedulian kita terhadap lingkungan,” ucap Yazid

Sementara,  Bupati Tanah Laut H Sukamta mengungkapkan, sangat menyambut baik kegiatan tersebut  karena sangat bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat Tanah Laut.

“Kami merasa sangat gembira karena kegiatan ini terlaksana di wilayah Kabupaten Tanah Laut yang tentunya akan memberikan manfaat bagi kelestarian lingkungan dan satwa laut serta meningkatkan kesejahteraan warga pesisir pantai. Pemerintah daerah tentu sangat mendukung kegiatan yang memberikan manfaat dan bernilai positif seperti saat ini,”ucap Kamta.

Dia juga mengharapkan,  kegiatan tersebut bukan hanya sebuah seremonial, namun sebagai investasi bersama dalam melestarikan ekosistem dan lingkungan.

Pada rangkaian kegiatan tersebut juga dilakukan beberapa penyerahan bantuan dari Polda Kalimantan Selatan dan Bhayangkari Kalimantan Selatan diantaranya,  penyerahan bibit pohon mangrove kepada Kepala Desa Pagatan Besar, Kecamatan Takisung, bibit ikan nila kepada kelompok nelayan serta buku dan alat tulis kepada siswa Sekolah Menengah Pertama wilayah Kecamatan Takisung.


 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020