Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia (IPKANI) Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, membentuk komunitas sebagai penggerak konservasi terumbu karang.

"Komunitas tersebut disepakati dengan penandatanganan komitmen untuk menciptakan jaringan komunitas baru sebagai penggerak konservasi terumbu karang di seluruh daerah yang ada di Kalimantan Selatan," kata Ketua IPKANI Tanah Bumbu Eko Priyo Raharjo, di Batulicin, Jum'at.

Dia menjelaskan, dalam pembentukan komunitas tersebut IPKANI melibatkan mahasiswa, masyarakat dan karang taruna yang bersedia menjadi relawan penggerak konservasi terumbu karang.

Komunitas penggerak konservasi menyatakan siap bekerja sama dan bersinergi dalam melakukan kegiatan konservasi terumbu karang baik secara langsung maupun tidak langsung.

Selain itu juga menyatakan siap untuk menghimpun data dan informasi untuk menjung konservasi.

"Kami akan membuat peta konservasi diseluruh laut yang ada di Kalimantan Selatan bersama Fakultas Perikanan dan Kelautan Unlam Banjarbaru untuk memetakan perairan yang menjadi konservasi," ujarnya.

Penandatanganan Komitmen dan Pertemuan Jejaring Penggerak Konservasi Terumbu Karang Se Kalimantan Selatan juga difasilitasi oleh Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Pontianak.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020