Pasangan perseorangan bakal calon Walikota Banjarmasin Anang Misran dan Wakil Walikota Banjarmasin Ahmad Firdaus  2020-2025 menyerahkan berkas bukti dukungan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin, Rabu (19/2).

Kedatangan pasangan perseorangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin 2020-2025 Anang-Daus (AD) ke KPU Kota Banjarmasin tersebut diiringi puluhan beca, tarian hadrah, marching band, tarian dayak dan kalungan bunga dari penari Banjar.

Iring-iringan pasangan tersebut sempat menjadi perhatian masyarakat saat melintas di jalan H Hasan Basry karena keunikannya dengan pertunjukan marching band, tarian dayak dan tarian hadrah.

Ketua KPU Kota Banjarmasin Rahmiati Wahdah mengatakan, penyerahan berkas dukungan bakal calon perseorangan Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin dari pasangan Anang Misran dan Ahmad Firdaus merupakan yang pertama ke KPU Kota Banjarmasin.

"Penyerahan berkas dukungan perseorangan ke KPU Kota Banjarmasin  itu dimulai dari tanggal 19 hingga 23 Februari 2020,"ujar Ketua KPU Kota Banjarmasin Rahmiati Wahdah.

Menurut dia, pihaknya sangat mengapresiasi pasangan perseorangan Anang Misran dan Ahmad Firdaus telah menyerahkan berkas dukungan tersebut ke KPU Kota Banjarmasin.

"Berkas dukungan itu nantinya kami verfikasi melalui tim,"ungkapnya.

Dijelaskannya, berdasarkan ketentuan syarat dukungan itu minimal berjumlah 38.003 kartu tanda penduduk (KTP) dengan sebaran minimal tiga kecamatan.

"Dari berkas itu yang nantinya kami periksa B1KWK. Di B1KWK itu ada fotokopi KTP yang ditempel dan ditandatangi pemberi dukungan,"terangnya.

Selanjutnya, jelas dia, data B1KWK akan dicocokan di B11KWK yang ada di Silon.

Setelah dilakukan verfikasi dukungan, sebut dia, maka KPU Kota Banjarmasin kembali melakukan verfikasi faktual.

"Apabila dari hasil verfikasi dinyatakan lengkap dan sesuai persyaratan, maka calon perseorangan bisa mendaftarkan ke KPU Kota Banjarmasin dari tanggal 16 sampai 18 Juni 2020 bersamaan bakal calon dari partai politik,"terangnya.

Terpisah, Komisioner Bawaslu Kota Banjarmasin Mastawan mengatakan,  sangat mengapresiasi KPU Kota Banjarmasin dan pasangan perseorangan Anang Misran dan Ahmad Firdaus telah memanfatkan waktu dengan baik untuk menyerahkan berkas dukungannya.

"Untuk penyerahan berkas dukungan bakal calon perseorangan di hari pertama sangat jarang," ucapnya.

Sementara, bakal calon Walikota Perseorangan Anang Misran mengaku optimis dukungan yang diserahkan ke KPU Kota Banjarmasin lolos dari verfikasi.
 
Pasangan perseorangan bakal calon Walikota dan Walikota Banjarmasin 2020-2025 Anang Misran dan Ahmad Firdaus menyerahkan berkas ke KPU Kota Banjarmasin, Rabu (19/2). Foto:Antaranews Kalsel/Arianto.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020