Wacana pembukaan rute penerbangan pesawat terbang dari Bandara Bersujud Batulicin-Bandara Soekarno Hatta Jakarta yang di gagas oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, mesih menunggu keputusan dari seluruh Direksi PT. Garuda Indonesia.

Kepala Dinas Perhubungan Tanah Bumbu, Wisnu, di Batulicin, Selasa mengatakan, pada dasaranya pemerintah daerah sudah menyerahkan permohonan kerjasama kepada PT Garuda Indonesia, namun hal tersebut progresnya masih dalam tahap pemberkasan administrasi.

"Wacana pembukaan rute poenerbangan dari Tanah Bumbu-Jakarta dilakukan untuk menopang dan peyangga ibukota negara baru di pulau Kalimantan," katanya.

Dia mengatakan, wacananya maskapai yang akan melayani calon penumpang dari Batulicin-Jakarta yakni Garuda Indonesia dengan jenis pesawat Jet Bombardier dengan kapasitas penumpang kurang lebih mencapai 90 orang.

Saat ini, pemerintah daerah sudah melakukan koordinasi lebih mendalam kepada pihak Garuda Inodnesia, dan pengoprasiannya tinggal menunggu keputusan dari seluruh direksi PT Garuda Indonesia.

Sedangkan untuk trip penerbangan akan dijadwalkan tiga kali dalam satu minggu, namun untuk kepastian jam keberangkatan akan disesuaikan.

Dari kedua belah pihak antara Pemerintah daerah dengan pihak masdan pihak Pertamnina, Airnav dan otoritas bandara sangat mendukung dan menyetuji wacana tersebut.

Sedangkan fasilitas pendukung lainnya seperti bandara yang ada di Tanah Bumbu sangat memadai sehingga sangat memingkinkan untuk pengoprasian pesawat jenis jet.

"Selain itu, pemerintah daerah wacananya juga akan membuka rute baru antara Bandara Bersujud Batulicin-Bandara Juanda Surabaya mengunakan maskapai Batavia Airlines, namun saat ini masih fokus penanganan untuk penerbangan Batulicin-jakarta," ujarnya. 

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020