Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Sukamta mengungkapkan,  program Manunggal Tuntung Pandang (MTP) selain untuk mendekatkan jajaran Pemkab Tanah Laut dengan masyarakat desa secara langsung juga berfungsi sebagai sarana pemda kabupaten memberikan pelayanan secara langsung kepada masyarakat.  

"Ini adalah salah satu bukti pemda langsung hadir ke masyarakat desa memberikan pelayanan secara langsung," ujar H Sukamta, pada acara Manunggal Tuntung Pandang (MTP) di Desa Tirtajaya, Kecamatan Bajuin, Jum’at (14/2).

Sukamta juga mengajak, seluruh pejabat di SKPD lingkup Pemkab Tanah Laut untuk mengikuti program Manunggal Tuntung Pandang.

"Sengaja kita ajak para pejabat di semua SKPD, jadi kalau ada permasalahan di desa bisa dengar aspirasinya dan didiskusikan bersama dengan pejabat terkait," tandasnya.

Sementara, Anastasya warga RT 01 Desa Tirtajaya mengaku sangat bersyukur berkat program Manunggal Tuntung Pandang yang diadakan di desanya.

Dia mengaku,  sangat beruntung karena adanya pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang langsung turun ke desanya pada Jumat (14/2 dan Sabtu ( 15/2) .

"Tadi saya ngurus kartu keluarga mas, ada data yang salah jadi tadi dibenarkan , Alhamdulillah tadi langsung selesai pelayanannya cepat dan sangat ramah" ujar perempuan yang kesehariannya berkebun.

Tasya mengaku,  kesalahn yang data pada kartu keluarga (KK) miliknya tersebut sudah lama, namun  selalu tidak sempat mengurus ke Kantor Disdukpencapil Tanah Laut  karena setiap hari harus pergi ke kebun.

Selain itu,  Anastasya juga mengungkapkan, pada kegiatan MTP warga bisa  membeli sembako dengan harga yang lebih murah di Pasar Murah yang disediakan oleh Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Tanah Laut.

Kemudian, layanan lainnya ungkap dia, berupa pelayanan kesehatan gratis, sunatan masal, pelayanan pembayaran PBB, pelayanan keluarga berencana serta pelayanan lainnya.


 

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020