Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Sukamta meresmikan Gedung Pusat Promosi Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Sasirangan di Kecamatan Tambang Ulang, Kamis (13/2).

Bupati menyebut,  jika gedung tersebut  merupakan bangunan yang paling lengkap yang dibangun bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Saya berharap gedung tersebut dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mempromosikan produk IKM yang ada di Tambang Ulang khususnya,”ujar Bupati Tanah Laut H Sukamta.

Menurut dia, terwujudnya gedung tersebut merupakan usaha keras dari pemerintah untuk pengrajin di Tanah Laut sebagai kebijakan meningkatkan sasirangan sebagai salah satu unit pertumbuhan ekonomi .

“Mari kita manfaatkan secara optimal, untuk pengrajin kita,” pinta bupati.

Bupati juga menyebut,  tidak mudah untuk memindah pasar yang semula berlokasi di tempat yang sama karena  berpengaruh pada penghasilan bagi pedagang.

“Memindahkan pasar ke tempat yang baru perlu usaha keras dari berbagai pihak,”ungkapnya.

Diutarakannya, sebuah kebijakan pasti akan menimbulkan pro dan kontra, pemerintah kabupaten memikirkan untuk memindahkan bukan menggusur begitu saja tanpa ada lokasi baru.

“Kita memindahkan juga ke tempat yang ramai,  kalau omzet turun itu wajar karena masih baru dan ini berhasil kita laksanakan,” ungkap bupati.

Beliau juga mengucapkan terimakasih banyak atas usaha semua pihak termasuk Camat Tambang Ulang, dan Forkopincam serta kepala desa sehingga pemindahan pasar tidak terkendala dan berjalan lancar.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerind) Tanah Laut Masturi menyebutkan pembangunan gedung ini menelan biaya sebesar Rp 1,8 miliar sudah termasuk pembuatan pagar, pengadaan mebeller dan sarana lain yang terdapat di gedung tersebut.

Disebutkan juga, pemerintah pusat khususnya Kementerian Perindustrian tertarik dengan keberadaan pengrajin sasirangan Kabupaten Tanah Laut karena berdampak pada  pertumbuhan dalam produktivitasnya.

Masturi juga memaparkan,  penggunaan gedung itu tidak hanya untuk promosi produk tapi juga digunakan untuk pelatihan bagi masyarakat.

Kegiatan ini turut pula dihadiri Forkopinda, Forkopincam, Kepala SKPD, pengrajin serta masyarakat Desa Tambang Ulang.
Bupati Tanah Laut H Sukamta meresmikan Gedung Pusat Promosi Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Sasirangan di Kecamatan Tambang Ulang, Kamis (13/2).Foto:Antaranews Kalsel/Humas Tanah Laut.

 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020