Ketua Kwartir Cabang gerakan pramuka di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, H. Rooswandi Salem, meminta agar seluruh saka pramuka yang sudah terbentuk, mampu berperan nyata dan membawa manfaat bagi masyarakat.

"Jangan sampai pelantikan dan pengukuhan pengurus saka pramuka tingkat di Tanah Bumbu hanya sebatas seremonial saja, mari kita manjelankan amanah ini dengan penuh tanggung jawab," kata H. Rooswandi Salem, di Batulicin, Kamis.

Dia mengungkapkan, saka pramuka yang baru dilantik dan dikukuhkan yakni Saka Bhayangkara, Saka Bahari, Saka Bhakti Husada, Saka Wana Bhakti dan Saka POM.
Tujuan pembentukan saka pramuka adalah memberi wadah pendidikan dan pembinaan bagi para pramuka penegak dan pramuka pandega untuk menyalurkan minat, mengembangkan bakat, kemampuan, dan pengalaman dalam bidang pengetahuan dan teknologi yang di implementasikan secara langsung kepada masyarakat.

Dengan demikian lanjut Rooswandi, pengurus saka pramuka dapat menjalani amanah, terutama dapat menjadi garda terdepan dalam membentuk kaum muda, sebagai calon pemimpin masa depan bangsa khusunya di daerah.

Manurut dia, peran nyata dalam gerakan pramuka terhadap masyarakat salah satunya adalah mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan, yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota gerakan pramuka dan masyarakat di lingkunganya.

"Dengan demikian, kami berpesan kepada pengurus saka pramuka tingkat cabang yang baru dilantik dan dikukuhkan agar dapat melaksanakan dan mnelanjutkan progran kerja di pangkalan satuan karya," pungkasnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020