Pemerintah Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, melalui Dinas Koperasi dan Perdagangan (Diskopdag) Kabupaten Tanah Laut melaksanakan Sosialisasi Kemetrologian kepada Pedagang Pengguna Alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP),  di Pasar Pelaihari, Rabu (12/2).

Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Tanah Laut H Syahrian Nurdin  mengatakan, sosialisasi kemetrologian dilakukan agar UTTP yang digunakan oleh para pedagang dapat terkalibrasi dengan baik, sehingga memiliki hitungan yang sesuai.

“Kami ingin para pedagang dan pembeli sama-sama diuntungkan.  Kita melakukan tera ulang terhadap UTTP yang mereka gunakan, agar secara hitungan berat maupun dimensi menjadi presisi dan sesuai standar,” ujarnya.

Pihaknya akan melaksanakan secara rutin, hingga ke seluruh pasar di 11 Kecamatan wilayah Kabupaten Tanah Laut, sehingga  pasar di Tanah Laut menjadi pasar tertib ukur.

Sementara, Ali salah satu pedagang mengaku,  kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga reputasi pedagang, sehingga konsumen yang membeli tidak merasa dirugikan dan pedagang  dapat menjual barangnya dengan hitungan yang tepat.

Kegiatan tersebut dihadiri anggota komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Laut dan diikuti kurang lebih 30 pedagang pengguna alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) dengan menghadirkan narasumber dari Dinas Koperasi dan Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan

Pewarta: Arianto

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020