Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate berpendapat, media massa setidaknya harus memperhatikan invensi, inovasi dan investasi atau 3i.

"Bila tidak memperhatikan 3i, media massa tersebut tak akan maju, dan bahkan cenderung mati sendiri," lanjutnya dalam Konvensi Nasional Media Massa - Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Rattan Inn Banjarmasin, Sabtu sore.

Pada forum Konvensi Nasional Media Massa (KNMM) - HPN 2020 tersebut, Menkominfo yang berasal dari Partai NasDem itu juga menganjurkan, agar pengelola media massa bersatu supaya memiliki kekuatan yang betul-betul utuh.

Ia mencontohkan dalam penyedia kabel optik sebagai sarana dan prasarana komunikasi atau media digital bmasing-masing mau sendiri-sendiri.

"Semestinya mereka (penyedia sarana dan prasarana media digital) bersatu sehingga bisa menjadi kekuatan yang dahsyat," lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, Menkominfo mengingatkan dan sekaligus mengajak semua pihak, tidak terkecuali para insan pers agar memerangi berita-berita hoax.

"Karena berita hoax tersebut hanya akan menghabiskan energi atau suatu hal yang sia-sia dalam membangun negara dan bangsa ini," lanjutnya di hadapan ratusan insan pers yang datang dari berbagai penjuru tanah air.

"Pasalnya di Indonesia sendiri tercatat 73 sumber berita-berita hoax yang harus kita lawan, karena bisa menyesatkan pemikiran," demikian Johnny G Plate.

Konvensi Nasional Media Massa - HPN 2020 tersebut dengan topik "Daya - Hidup Media Massa Di Era Disrupsi, Tata - Kelola Seperti Apa Yang Dibutuhkan?".
 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020