Presiden RI Joko Widodo mendorong inovasi teknologi pengolahan sampah baik tingkat provinsi dan kabupaten/kota dengan mengesampingkan ego kedaerahan sehingga manfaatnya semakin besar. 

"Saya mendorong inovasi teknologi bukan hanya memproses sampah tetapi menjadi sumber energi seperti pembangkit listrik," ujarnya usai meresmikan TPA Sampah Regional Banjarbakula di Banjarbaru, Jumat. 

Ditekankan, penanganan sampah bukan permasalahan sepele dan bisa dilakukan beberapa daerah dengan sistem saling sinergi dan kolaborasi mengesampingkan ego kedaerahan sehingga penanganan semakin baik.

Menurut dia, jika penanganan sampah dilakukan bersama-sama selain hasil yang dicapai baik, juga pemrosesan lebih maksimal sehingga sampah tidak menjadi permasalahan yang besar lagi bagi suatu daerah. 

"Pesan saya, semua harus saling bersinergi dan mampu berkolaborasi, tidak perlu ego kedaerahan dan apa yang dilakukan Gubernur Kalsel ini bisa dijadikam contoh penanganan sampah bagi provinsi lain," ucapnya.

Peresmian TPA Banjarbakula dihadiri sejumlah menteri, anggota DPR RI, dan unsur Forkopimda Kalsel, termasuk Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani serta Bupati Banjar Khalilurrahman. 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020