Lembaga Pengembangan Bisnis Pama Banua Lima bentukan PT Pamapersada Nusantara kini memperluas wilayah binaannya ke Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah.

Koordinator LPB Pama Banua Lima Amirullah mengatakan sejak dibentuk 2018 lembaga ini sudah memberikan pendampingan dan pengembangan UMKM di Kabupaten Tabalong dan Balangan.

 "Tahun ini pendampingan kita berikan bagi UMKM Kecamatan Banua Lima Kabupaten Barito Timur," jelas Amirullah.

Sebanyak 20 pelaku usaha dari empat desa di Kecamatan Banua Lima mengikuti pelatihan pembukuan sederhana yang diinisiasi PT Pamapersada Nusantara di aula Kantor Kecamatan Banua Lima, Selasa (4/2).

Pelatihan ini jadi persyaratan UMKM bisa bermitra dengan LPB Pama Banua Lima dan selanjutnya mendapatkan konsultasi, pendampingan hingga akses pasar.

 
Foto Antaranews.Kalsel/herlina lasmianti (Herlina Lasmianti)
 Perwakilan PT Pamapersada Nusantara Kaspian Perangin - angin saat membuka pelatihan menyampaikan para pelaku usaha harus bisa memahami soal pembukuan dan pencatatan sehingga usahanya bisa berhasil.

"Melalui pembukuan pelaku UKM bisa memisahkan kekayaan pribadi dan usaha," jelas Kaspian didampingi staf bidang CSR Joko Budi Santoso dan Olga Choirul Huda selaku nara sumber.

Peserta pelatihan perwakilan UMKM dari Desa Taniran, Desa Banyu Landas, Desa Gudang Seng dan Desa Bagok dibuka oleh Sekcam Banua Lima Simon Stevins Octavianus.

 Dalam pelatihan ini peserta mendapatkan tambahan wawasan terkait pentingnya melakukan pembukuan untuk mencapai keberhasilan usaha.

 "Informasi akutansi jadi dasar yang andal bagi pengambilan keputusan ekonomis dalam pengelolaan UMKM," jelas Olga Choirul Huda staf bidang keuangan PT Pamapersada Nusantara.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020