Oleh Yose Rizal

Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda)Kalimantan Selatan Brigjend Pol Machfud Arifin meminta setiap anggota kepolisian harus menghindari kesalahan sekecil apa pun, sehingga tidak berdampak buruk terhadap kinerja maupun citra korps.

"Hindari kesalahan sekecil apa pun karena kesalahan kecil bisa menjadi besar dan berdampak terhadap kinerja dan citra korps," ujar kapolda pada HUT ke-68 Brigade Mobile di lapangan markas komando Brimob Guntung Payung Kota Banjarbaru, Kamis.

Ia mengatakan, setiap anggota Bhayangkara memiliki tugas dan kewajiban sebagai pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat sehingga tugas mulia tersebut harus dijalankan dengan sebaik-baiknya.

Ditekankan, permasalahan kecil dan sepele hendaknya tidak dibesar-besarkan apalagi merasa sebagai anggota Polri sehingga jika ada suatu masalah terkesan berada di atas orang lain atau masyarakat biasa.

"Kasus penembakan satpam yang melibatkan oknum anggota Brimob hendaknya jangan sampai terulang. Caranya berpikir jernih dan positif serta mampu menghindari setiap kesalahan sekecil apa pun," pesannya.

Disisi lain, kata dia, pimpinan dalam satuan kewilayahan maupun organisasi juga harus mampu memberi arahan sekaligus contoh yang baik terhadap bawahan sehingga tidak terjadi suatu kesalahan prinsip di lapangan.

"Peran pimpinan harus tegas dan jelas disamping memberikan contoh yang baik sehingga bawahan mampu menjabarkan dan menjalankan setiap perintah sesuai petunjuk dan hasilnya sesuai harapan," ucapnya.

Dikatakan, peringatan ulang tahun ke-68 Brimob, hendaknya dijadikan sarana evaluasi dan instropeksi agar kinerja anggota Polri kedepan semakin baik dan mampu menjalankan tugas maupun kewajiban yang diemban.

"Pencapaian prestasi memang jelas diperlukan tetapi jangan cepat puas diri karena tugas berat selalu siap menghadang sehingga evaluasi dan pembenahan harus selalu dilakukan agar kinerja semakin baik," ujarnya.

Peringatan HUT ke-68 Brimob diisi atraksi anggota Brimob yang mampu mematahkan besi cor dan batako baik dengan tangan, kaki dan kepala yang cukup mendapat perhatian undangan pada kegiatan tersebut.

Undangan yang hadir diantaranya Ketua DPRD Kalsel Nasib Alamsyah, Danrindam VI/Mulawarman, Wali Kota Banjarbaru Ruzaidin Noor, Danlanud Syamsudin Noor dan seluruh kapolres di lingkup Polda Kalsel.

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013