Oleh Hasan Zainuddin

Martapura, (Antaranews Kalsel)- Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, membangun sebuah Islamic Center bersejarah guna mengenang ulama dan Mufti Tuan Guru Besar HM Anang Djazouly Seman.

Pembangunan Gedung Islamic Center Mufti Tuan Guru Besar HM Anang Djazouly Seman berdiri megah tepat di jantung Kota Martapura, Jl A Yani Km 39 ibukota Kabupaten Banjar, kata Bupati Banjar, Sultan Khairul Saleh di Martapura, Rabu.

Menurut bupati dengan berdirinya gedung tersebut semakin menguatkan identitas Kota Martapura sebagai ladang ulama dan santri di Kalimantan Selatan.

Eloknya lagi, tambahnya, gedung tersebut oleh masyarakat dan pemerintah daerah setempat sebagai ungkapan terima kasih atas jasa-jasa almarhum Mufti Tuan Guru Besar HM Anang Djazouly Seman yang semasa hidupnya selalu melestarikan nilai-nilai syiar Islam.

"Alhamdulillah dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, gedung Islamic Center Mufti Tuan Guru Besar HM Anang Djazouly Seman, pada hari ini ulun nyatakan resmi bisa dimanfaatkan."katanya saat meresmikan gedung megah tersebut.

Semoga dengan adanya gedung ini semakin memperkokoh pelestarian nilai-nilai syiar ke Islaman di daerah ini.

Khairul Saleh mengatakan, keberadaan gedung islamic center ini semakin memperkokoh identitas Kabupaten Banjar umumnya dan Martapura khususnya sebagai salah satu daerah pusat pengkajian ilmu agama Islam.

Gedung ini akan dimanfaatkan masyarakat sebagai pusat pengkajian ilmu agama, kajian ilmu Alquran dan tempat silaturahmi ulama, masyarakat dan pemerintah daerah.

"Kita juga mendoakan semoga dari dalam gedung ini akan lahir qori dan qoriah Kabupaten Banjar bereprestasi hingga bisa mengharumkan nama daerah baik tingkat nasional maupun internasional," harapnya.

Dalam acara yang juga dihadiri forum komunikasi pimpinan daerah, para ulama, tokoh masyarakat juga dihadiri keluarga besar almarhum HM Anang Djazouli Seman.

Bahkan istri almahum ulama besar Martapura ini, diminta secara khusus untuk berkenan melakukan potong pita peresmian Islamic Center. Seusai peresmian gedung dilanjutkan Shalat Magrib, Hajat dan pembacaan tahlil, Shalawat Nabi dan tutup dengan Shalat Isya berjamaah.

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013