Mahasiswa asal Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, yang berkuliah dan baru pulang dari Negeri China, kembali dilakukan pemeriksaan medis demi memastikan kesehatan dan mencegah penyebaran virus corona.

Sepulangnya dari China, baik Fitriani maupun M Arif Fadillah yang merupakan mahasiswa asal Kabupaten Balangan, diarahkan untuk kembali melakukan tes medis atas rekomendasi Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan.

Hal itu untuk memastikan kesehatan kedua Mahasiswa yang baru kembali dari China tersebut, selain itu untuk mencegah segala kemungkinan penularan Virus Corona.

Disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Balangan, Abdul Basid, Senin (3/2) karena perkuliahan mereka merupakan beasiswa dari pemerintah setempat, Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan menilai perlu dan menjadi tanggungjawab untuk memastikan kesehatan mereka.

"Saat ini masih ada sekitar empat mahasiswa asal Kabupaten Balangan yang berkuliah di China dan belum kembali ke kampung halaman, Dinas Pendidikan masih melakukan koordinasi dan menunggu laporan, apakah mahasiswa tersebut sudah berada di Indonesia atau masih di China," ungkapnya.

Pemerintah Kabupaten Balangan, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengaku masih menunggu dan mengikuti prosedur yang ada, pungkasnya.

Sementara itu, Mahasiswa asal Kabupaten Balangan yang baru kembali dari China, Fitirani dan Arif, mengaku bersyukur atas bantuan dari Pemerintah Kabupaten Balangan, terutama pada pembiayaan transfortasi pulang pergi dari China.

"Kami merasa terbantu oleh Pemerintah Kabupaten Balangan, terutama pada biaya transfortasi. Adapun untuk kembali ke China, belum ada kepastian, hingga ada informasi pihak kampus di China saat kondisi sudah dinyatakan aman," pungkasnya.
 

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020