Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Taman Kanak-Kanak Al Qur'an (LPPTKA) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Mesjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten HST menggelar Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) XI tahun 2020 yang dibuka secara resmi oleh Bupati H A Chairansyah, di Pendopo Bupati setempat, Sabtu (1/2).

Acara bertema "Bisa Juara Satu (Bina Santri Jujur, Arif, Ramah, Sabar, dan Santun)" itu, kehadiran Bupati didampingi Ketua TP PKK Hj Ernawati Chairansyah.

Ketua Pelaksana, H Nahdi Anshari melaporkan, pelaksanaan FASI ini bertujuan sebagai media memperkokoh silaturahmi dan evaluasi kualitas santri serta mempersiapkan santri menghadapi FASI XI Provinsi, di kota Martapura bulan Maret mendatang.

Menurutnya, kegiatan ini diikuti 234 Santri yang terdiri tingkat TKA sebanyak 61 santri, tingkat TPA sebanyak 97 santri dan tingkat TQA sebanyak 76 santri.

"Kegiatan FASI berlangsung dari tanggal 1-2 Februari di Pendopo Bupati HST untuk pembukaan dan Masjid Agung Riyadushsalihin untuk penutupannya," terangnya.

Ditambahkannya, cabang lomba untuk TKA dan TPA hampir sama terdiri atas tartil al qur'an, adzan dan iqamah, lagu islami (nasyid), ikrar dan puitisasi terjemahan qur'an, cerdas cermat qur'an, mewarnai gambar dan pidato Bahasa Indonesia.

Sedangkan untuk TQA terdiri dari lomba tilawah qur'an, hafalan juz' amma, terjamah lafzhiyyah, cerita islami, kaligrafi, pidato Bahasa Indonesia, Arab dan Inggris.

Bupati HST H A Chairansyah dalam sambutan sangat mengapresiasi dan menyambut baik digelarnya FASI XI.

"Semoga momentum ini tidak hanya melahirkan anak-anak terbaik yang akan mewakili HST pada tingkat provinsi tetapi juga mampu menggugah kesadaran kita semua, bahwa pentingnya mempersiapkan generasi yang beriman, berilmu dan berakhak mulia," katanya.

Chairansyah mengingatkan, agar membekali anak-anak dengan ilmu -ilmu agama, menanamkan akhlak yang baik dan memelihara pergaulan mereka dari pergaulan yang keliru.

"Dengan bekal yang demikian, Insyaallah anak-anak kita akan selamat dalam menghadapi perkembangan dan perubahan zaman," terangnya.

Lebih lanjut Chairansyah mengatakan, festival ini tidak hanya sekedar untuk mencari pemenang, lebih dari itu sebagai wahana membangkitkan potensi dan kreativitas anak dengan memotivasi untuk mengembangkan diri dengan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual.
 
Acara dirangkai penyerahan piagam Penghargaan oleh Pembina TK/TP Al Qur'an LPPTKA BKPRMI HST, Hj Ernawati Chairansyah 
kepada Pembina TK/TP Al Qur'an di Kecamatan se Kabupaten HST.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020