Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry kembali menerima predikat "BB" atau sangat baik untuk Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara, Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB), bertempat di di Inaya Putri, Provinsi Bali.

Ia mengatakan,  bersyukur atas Predikat “BB” yang bisa dipertahankan oleh Kabupaten HSS, setelah sebelumnya juga telah mendapat Predikat BB dari Kemen PAN RB,  berharap bisa terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat untuk mensejahterakan masyrakat dengan penggunaan anggaran yang afektif dan efesien.

"Kami beserta seluruh jajaran akan melakukan perbaikan atas hasil evaluasi yang diberikan oleh KemenPAN RB, selain itu doa dukungan dari semua masyatakat juga sangat dibutuhkan dalam proses pembangunan yang ada di HSS," katanya, usai menerima penghargaan dalam penyerahan SAKIP wilayah II Tahun 2020, didampingi Sekretaris Daerah HSS H. Muhammad Noor  serta beberapa kepala OPD terkait, Senin (27/1).
 
Penghargaan predikat BB SAKIP HSS (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Achmad Fikry : Peningkatan kualitas layanan harus bermuara pada kesejahteraan masyarakat

Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan (RBKUNWAS) Muhammad Yusuf Ateh, mengatakan tantangan pemerintah di tengah keterbatasan anggaran adalah penggunaan Anggaran yang efektif dan juga efisien.

Dijelaskan dia, Presiden RI Joko Widodo menekankan penggunaan harus berorientasi hasil yang bisa mensejahterakan rakyat, salah satunya adalah perbaikan perencanaan anggaran hingga pelaksanaannya.

Dan melalui SAKIP KemenPAN RB berusaha mendorong instansi pemerintah untuk pencapaian prioritas pembangunan Nasional, melalui perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi dan efektif sekaligus efisien. 

SAKIP sendiri adalah Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan, di mana sistem ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

Dalam hal ini, setiap organisasi diwajibkan mencatat dan melaporkan setiap penggunaan keuangan negara serta kesesuaiannya dengan ketentuan yang berlaku. 
 
Penghargaan predikat BB SAKIP HSS (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Sakip HSS raih predikat sangat baik

Setiap tahun Kemen PANRB melaksanakan evaluasi atas implementasi SAKIP pada seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk mengukur perkembangan implementasi SAKIP.

Serta, melakukan pembinaan yang berkesinambungan di seluruh instansi pemerintah, evaluasi tersebut telah dapat memetakan instansi pemerintah pada beberapa kategori.

Sementara itu, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh kepala daerah yang telah berhadir di Bali untuk dapat menerima Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, dan merasa terhormat karena Provinsi Bali bisa dipercaya dapat melaksanakan kegiatan tersebut. 
 
Bupati HSS H Achmad Fikry bersama beberapa kepala OPD 
(Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020