Pampakin Maratus dan Mantuala kuning layuh berhasil menjadi juara satu dan dua kontes durian dalam kategori aneka durian  yang di gelar Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor di Areal Wisata Kiram Park Kabupaten Banjar, Sabtu (18/1).

Plt Kepala Dinas Pertanian HST, Misradi menyampaikan, juara satu yaitu Pampakin meratus dengan umur pohon 15 tahun milik Syahrudi asal Pancur Bungur desa Tilahan kecamatan Hantakan.

Sedangkan juara dua yaitu Mantuala kuning layuh dengan umur pohon 8 tahun, milik H Radiansyah dari desa Layuh, Kecamatan Batu Benawa, yang keduanya berada di Kabupaten HST.

"Keberhasilan ini tidak terlepas dari binaan dan support serta kebijakan Kabupaten HST di bawah kepemimpinan H A Chairansyah yang konsisten menjaga lingkungan dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pemanfatan lingkungan hidup," katanya.

Bupati HST, H A Chairansyah berharap, raihan juara di kontes durian ini hendaknya tidak cukup sampai disini saja yang terpenting dari penghargaan adalah bisa terus memotivasi semua masyarakat untuk menjaga dan memanfaatkan alam dengan tidak merusak alam itu sendiri, minimal di lingkungan di sekitarnya.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor alias Paman Birin dalam sambutannya mengatakan diperlukan mengganti menstarformasikan sumber daya alam yang tidak terbarukan menjadi sumber alam yang terbarukan salah satu contohnya adalah di bidang pertanian hari ini.

"Hari ini kita melihat banyaknya buah-buahan yang salah satunya buah durian, kami berharap durian ini bisa bermanfaat, bisa memberikan kesejahtetaan buat masyarakat Kalsel," katanya.

Melalui festival durian ini, menurutnya, kita bisa mengembangkan usaha ekonomi kerakyatan melalui perkebunan serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Paman Birin juga mengatakan, durian yang disediakan tidak boleh dibawa pulang, tetapi dimakan di tempat, di area Wisata Kiram Park bersama-sama dimulai komando langsung olehnya dari atas panggung utama.

Durian yang ada di Areal wisata kiram Park ribuan jumlahnya. Tapi durian sebanyak itu juga langsung habis dilibas oleh pecinta durian. yang datang lebih awal dari jam 08 pagi ribuan warga berbondong bondong memadati area Kiram Park.

Juara satu kontes durian kategori aneka durian itu mendapatkan hadiah TV 49 inch dan uang sebesar Rp 7.500.000 ditambah voucher hotel (deluxe) di Tree Park Hotel.

Sedangkan juara dua mendapatkan hadiah TV 43 inch dan uang sebesar Rp 5 juta ditambah voucher hotel (deluxe) di Tree Park Hotel.
 
Mantuala dan Pampakin dari Kabupaten HST yang menjadi juara kontes durian (Antaranews Kalsel/M Taupik Rahman)

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020